Awali Tugas, Pangdam IX/Udayana Gelar Tradisi ”Tepung Tawar”

  • Whatsapp
KEDATANGAN Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dan Ny. Tanty Kurnia Dewantara di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Minggu (28/6/2020). foto: antaranews

DENPASAR – Dalam rangka mengawali tugas di Kodam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara menggelar tradisi tepung tawar sebagai bentuk penolak segala rintangan dan bala bencana.

“Tradisi tepung tawar bertujuan untuk menyucikan lahir batin bagi pejabat baru dengan harapan agar dalam mengemban tugas terhindar dari segala rintangan, gangguan, marabahaya dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, dalam keterangan pers yang dilansir dari antaranews, Minggu (28/6/2020).

Bacaan Lainnya

Prosesinya dimulai dari kedatangan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, dan Tanty Kurnia Dewantara mengambil tempat di antara Payung Agung, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Selanjutnya, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya memasangkan Ikat Kepala khas Bali bernama Udeng yang memiliki filosofi agar pemakainya memiliki pikiran yang kukuh, fokus, matang, dan tidak tidak terombang-ambing oleh keadaan apapun.

Sedangkan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tanty Kurnia Dewantara dipasangi selendang khas Bali oleh Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Fenty Candra Wijaya.

Sementara pada Senin (29/6) bertempat di Makodam IX/Udayana akan dilaksanakan Acara Tradisi Penerimaan Pataka Praja Raksaka. Tradisi tersebut dilakukan sebagai tanda pengukuhan Prajurit Kodam IX/Udayana dengan semboyan Praja Raksaka yang mengandung makna Prajurit Pelindung dan Pengayom Rakyat.

Baca juga :  Mulai Hari Ini, Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah Galungan

“Sudah menjadi tradisi setiap pergantian pejabat baru di jajaran Kodam IX/Udayana akan melakukan rangkaian acara tradisi penerimaan atau penyambutan yang dinamakan Tradisi Tepung Tawar, demikian juga dengan pejabat baru Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, yang sudah tiba di Bali untuk mengawali tugasnya sebagai Panglima Kodam IX/Udayana,” jelas Kapendam. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.