Anjing Gila Kembali Gigit Warga Pangkung Dedari

  • Whatsapp
ELIMINASI anjing gila di Banjar Pangkung Dedari, Desa Melaya, Jembrana. foto: ist

JEMBRANA – Kasus gigitan anjing positif rabies terjadi lagi.Anjing gila kembali menggigit dua orang warga Banjar Pangkung Dedari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Sebelumnya anjing gila (positif rabies) menggigit 4 orang warga setempat.

”Ya, ada dua warga lagi yang digigit anjing gila. Warga tersebut, Wayan Werti digigit pada kaki kanan betis pada 21 Maret dan Gede Arya pada paha kiri digigit pada 22 Maret,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) kepada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Widarsa, Kamis (25/3/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Widarsa mengatakan kedua korban yang tergigit anjing gila ini sudah mendatangi puskesmas untuk mendapatkan VAR. Anjing yang menggigit kedua orang tersebut merupakan anjing liar.

Diduga sempat kontak dengan kasus yang pertama. “Hasil respons kemarin vaksinasi rabies emergency 51 ekor dan eliminasi selektif 12 ekor. Untuk yang kulitnya rusak, liar, dan ada yang punya diserahkan ke pemiliknya,” jelasnya.

Sebelum terjadi gigitan anjing gila kali ini, sebenarnya petugas Keswan-Kesmavet sudah melaksanakan vaksinasi rabies terhadap 22 ekor anjing milik warga dan pengambilan sampel otak anjing yang diduga pernah kontak langsung dengan anjing rabies yang menyerang warga.

Baca juga :  Bapas Karangasem Gelar Bimbingan untuk Klien

Untuk menekan kasus rabies, pihaknya berharap masyarakat tidak meliarkan anjing. “Anjing harus dirawat dengan baik dan melakukan vaksinasi rabies secara rutin dan melaporkan setiap ada gigitan anjing/HPR,” harap Widarsa. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.