5 Perpustakaan di Karangasem Ikut Akreditasi Nasional

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika, beserta staf, Selasa (16/2/2021) melakukan pembinaan akreditasi langsung turun ke SMPN 2 Selat. Foto: ist
KEPALA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika, beserta staf, Selasa (16/2/2021) melakukan pembinaan akreditasi langsung turun ke SMPN 2 Selat. Foto: ist

KARANGASEM – Kondisi masa pandemi Covid-19 bukan berarti membuat kegiatan positif di Karangasem ikut berhenti. Lima perpustakaan di kabupaten ini mengikuti akreditasi tingkat nasional tahun 2021.

Tiga di antaranya perpustakaan di satuan pendidikan SD dan SMP, dan lainnya adalah Perpustakaan Umum Karangasem, dan Perpustakaan Puri Wikan Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Karangasem. Perpustakaan sekolah meliputi SMPN 2 Selat, Kecamatan Selat; SMPN 2 Rendang, Kecamatan Rendang; dan SDN 1 Bebandem, Kecamatan Bebandem. 

Bacaan Lainnya

Untuk Perpustakaan Umum Kabupaten Karangasem, akreditasi kali ini untuk kali kedua setelah diakreditasi nasional tahun 2020 lalu. Sementara tahun 2020 lalu, SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem berhasil meraih akreditasi tingkat nasional predikat C. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika, beserta staf, Selasa (16/2/2021) melakukan pembinaan akreditasi langsung turun ke SMPN 2 Selat dan SMPN 2 Rendang.

Astika mengatakan, akreditasi bidang perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi, yang menyatakan suatu lembaga memenuhi persyaratan melakukan kegiatan sertifikasi tertentu. “Perpustakaan yang diakreditasi agar menyiapkan diri memenuhi persyaratan administrasi. Kami akan terus melakukan pembinaan secara berkala meski masih masa pandemi Covid-19,” ujarnya. 

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, I Ketut Suardana, menambahkan, penilaian akreditasi meliputi enam komponen yakni koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan penguatan. Semua pengiriman berkas administrasi dikirim ke Sekretariat Tim Penilai Perpustakaan Nasional RI secara daring. 

Baca juga :  Bupati Suwirta Perkenalkan TOSS di Revitalisasi Bumi Kemenparekraf

Kepala SMPN 2 Selat, I Wayan Mustara, berujar siap mengikuti akreditasi dengan kondisi perpustakaan yang ada sebagai bahan evaluasi. “Kami memiliki koleksi buku sebanyak 8.680 judul dan 18.265 eksemplar,” jelasnya. 

Sementara Kepala SMPN 2 Rendang, I Ketut Suparjana, mengatakan, akreditasi ini sebagai wujud harapan agar perpustakaan sebagai pelayanan bagi anak didik mencari informasi lebih mudah, nyaman dan berkualitas. SMPN 2 Rendang memiliki jumlah koleksi buku 800 judul dengan 1.600 eksemplar. Pembinaan akreditasi selanjutnya ke Perpustakaan SDN 1 Bebandem, dan Puri Wikan akan dilakukan pada Rabu (19/2/2021). nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.