43 Tahun SMPN 3 Denpasar, Luncurkan Absensi Digital, Serukan Semangat Merdeka Belajar

PUNCAK HUT ke-43 SMPN 3 Denpasar, Jumat (1/4/2022) diisi penyerahan piala juara umum lomba ekstern oleh Sekretaris Disdikpora, AA Made Wijaya Asmara; bersama Kasek Wayan Murdana dan I Nyoman Badra. Foto: ist

DENPASAR – Kepala SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi., selalu memiliki ide cemerlang dan terobosan baru untuk kemajuan sekolah. SMPN 3 Denpasar yang akrab disebut Spentri ini, kini dilengkapi absensi digital berbasis android. Peluncuran absensi digital ini dilakukan, Jumat (1/4/2022) bertepatan dengan puncak perayaan HUT ke-43 SMPN 3 Denpasar.

Puncak HUT ke-43 SMPN 3 Denpasar ditandai pemotongan tumpeng oleh Kasek Wayan Murdana; bersama Ketua Komite I Nyoman Badra, SH.; dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara, S.Sos.,M.AP. Saat itu juga diserahkan piala tetap juara ekstern yang diraih SD Saraswati 3 Denpasar.

Bacaan Lainnya

Kasek Murdana mengatakan, absensi digital ini sekaligus sebagai bentuk kesiapan SMPN 3 Denpasar memulai pembelajaran tatap muka (PTM), selain menerapkan prokes ketat dan konsisten. Ia menjelaskan, absen digital merupakan bagian dari program pendidikan SMPN 3 Denpasar yang melibatkan peran orang tua, guru, dan siswa.

Selama ini, para orang tua atau wali murid hanya dapat melihat pelaporan absensi peserta didiknya ketika menerima pembagian rapor. Namun dengan adanya absen digital, kini absensi para siswa bisa dipantau orang tua setiap hari. ‘’Dengan absensi digital ini orang tua bisa memantau absensi anaknya di sekolah setiap hari melalui aplikasi,’’ katanya.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Matangkan Persiapan Vaksinasi Rohaniwan dan Seniman, Bakal Dipantau Presiden Jokowi

Murdana menambahkan, beragam bentuk kreativitas ditampilkan dan dilombakan serangkaian HUT sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi mengembangkan potensi dirinya. Ini pas sesuai tema HUT “Bangkitkan Semangat Merdeka Belajar Penuh Inovasi dan Kreativitas dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”.

Ia mendaku tantangan pendidikan di masa pandemi Covid-19 sangat besar. Namun, sebagai insan pendidikan tak boleh menyerah karena konsep pendidikan tak mengenal kondisi dan tetap mengasah siswa mendapatkan prestasi terbaik.

Ketua Komite I Nyoman Badra, mengapresiasi perkembangan SMPN 3 Denpasar. Komite sekolah, kata dia, sangat mendukung program positif sekolah untuk melahirkan siswa berprestasi dan berkarakter.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara, mengapresiasi capaian prestasi yang diraih SMPN 3 Denpasar selama ini. Ini tak terlepas dari manajemen kepemimpinan berintegritas yang diterapkan Kasek Murdana.

Peningkatan prestasi, katanya, menjadi yang utama dan pertama. Di samping juga meningkatkan karakter siswa. Ia yakin SMPN 3 Denpasar memiliki visi jauh ke depan berperan aktif membangun SDM yang andal. Karenanya, ia juga menyerukan sekolah lain di Kota Denpasar bisa meniru langkah SMPN 3 Denpasar mencetak siswa berprestasi dan berkarakter. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.