4 TK di Dawan Berstatus Negeri, Pemerintah Tanggung Operasional

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta meresmikan empat TK Negeri di Kecamatan Dawan, Kamis (5/8/2021). Foto: ist
BUPATI Suwirta meresmikan empat TK Negeri di Kecamatan Dawan, Kamis (5/8/2021). Foto: ist

KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, I Ketut Sujana; Camat Dawan, Dewa Widiantara, beserta Bunda PAUD meresmikan empat TK Negeri di Kecamatan Dawan, Kamis (5/8/2021). Program inovasi “Satu Desa Satu TK Negeri” di Klungkung diteruskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, agar karakter generasi muda di desa makin cerdas.

TK yang dibuat berstatus Negeri itu yakni TK Giri Komara Paksabali menjadi TK Negeri Desa Paksabali, TK Sampalan Tengah menjadi TK Negeri Desa Sampalan Tengah, TK Budi Utama Dawan Kaler menjadi TK Negeri Desa Dawan Kaler, dan TK Tunas Mekar menjadi TK Negeri Desa Kusamba.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya perubahan status dari TK swasta yang dikelola yayasan menjadi TK Negeri, biaya operasional sepenuhnya ditanggung pemerintah. Kondisi itu diharap mampu meringankan biaya proses belajar-mengajar di TK, dan memberi kemudahan kebutuhan dasar dunia pendidikan. Upaya dan terobosan itu dilakukan, karena masyarakat menilai pendidikan di TK mahal, sehingga masyarakat langsung menyekolahkan anaknya ke jenjang Sekolah Dasar (SD). 

“Dengan demikian, ke depan tidak ada lagi anak di desa yang tidak mau masuk TK. Dengan TK Negeri jelas operasional akan ditanggung pemerintah, tapi untuk keperluan lain seperti membeli pakaian dan konsumsi sehari-hari masih menjadi tanggung jawab orangtua siswa,” jelas Bupati asal Nusa Ceningan ini. 

Baca juga :  Desa Dauh Puri Kelod Gencarkan Patroli Wilayah, Sasar Hunian Rumah Kos

Dia berharap semua anak-anak bisa bersekolah di TK, sehingga mendapat pelajaran maksimal dengan sumber daya manusia (SDM) lebih baik. “Kami berharap lebih baik lagi memaksimalkan PAUD dengan meningkatkan kualitas belajar, juga tumbuh-kembang anak menjadi maksimal,” harap Suwirta

Dia berkata sedang merancang setiap TK Negeri dilengkapi fasilitas satu unit mobil jenis shuttle. Mobil ini dilengkapi sarana edukasi sebagai angkutan antar-jemput siswa. Dia juga menugaskan masing-masing perbekel terus mengawasi program TK Negeri ini agar tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. 

I Ketut Sujana menambahkan, penegerian TK ini sudah berjalan sejak tahun 2018. Saat ini ada 34 TK Negeri di 53 desa dan enam kelurahan di Klungkung. Tahun 2021 ada 16 TK yang dinegerikan yakni di Kecamatan Nusa Penida sebanyak lima TK, Klungkung (3), Dawan (4) dan Banjarangkan (4). 

Kepala TK Negeri Desa Kusamba, Ni Wayan Sutriani, pada kesempatan mengucapkan terima kasih atas penegerian TK tersebut. Dia berharap status baru itu bisa meringankan beban masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan. “Terima kasih Bapak Bupati yang sudah menegerikan TK kami,” ucapnya. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.