2021, Presiden Jokowi Yakini Prospek Ekonomi Indonesia kian Membaik

GUBERNUR NTB bersama Kepala BI Perwakilan NTB, dan Anggota Komisi XI DPR RI, Hj. Wartiah, saat mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada pertemuan tahunan Bank Indonesia Tahun 2020 di Kantor Perwakilan BI NTB, Kamis (3/12/2020). Foto: ist
GUBERNUR NTB bersama Kepala BI Perwakilan NTB, dan Anggota Komisi XI DPR RI, Hj. Wartiah, saat mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada pertemuan tahunan Bank Indonesia Tahun 2020 di Kantor Perwakilan BI NTB, Kamis (3/12/2020). Foto: ist

MATARAM – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia Tahun 2020 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Kamis (3/12/2020).  Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, MA serta Duta Besar Negara Negara sahabat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah pusat maupun daerah selama sembilan bulan terakhir bekerja keras dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 sambil menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi secara bersamaan.

Bacaan Lainnya

Pemerintah terus membantu masyarakat yang sakit untuk sembuh, membantu masyarakat agar tetap produktif dan bertahan di tengah krisis.

‘’Kerja keras tersebut mulai menampakkan hasil. Sinyal positif sudah kita lihat. Alhamdulillah laporan yang saya terima hari ini lebih rendah dari rata-rata dunia,’’ kata Presiden Jokowi.

Sinyal positif perekonomian juga semakin jelas. Hal tersebut dilihat dari triwulan kedua 2020, ekonomi di Indonesia terkontraksi -5,32% dan pada triwulan ketiga 2020 terkontraksi -3,49%. Artinya, Indonesia telah melewati titik terendahnya menuju titik balik untuk lebih baik.

‘’Pada momentum ini saya yakin akan bergerak lagi kearah positif di triwulan keempat dan seterusnya,’’ ungkap Presiden.

Baca juga :  PON XX: Jabar Pertahankan Juara Umum, Bali Finish Urutan Lima

‘’Kita harus fokus bergerak kedepan, fokus pada upaya-upaya untuk keluar dari pandemi, mempersiapkan vaksin dan program vaksinasi dengan cermat agar kita bisa bangkit dan pulih dari pandemi,’’ sambung Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden berharap Bank Indonesia mengambil bagian yang lebih signifikan dalam reformasi fundamental yang sedang digulirkan pemerintah dan berkontribusi lebih besar untuk ikut menggerakkan sektor riil, serta mendorong penciptaan lapangan pekerjaan baru dan membantu para pelaku usaha UMKM untuk kembali produktif.

‘’Dalam situasi krisis seperti ini, kita harus mampu bergerak cepat dan tepat. Kita harus berbagi beban dan berbagi tanggung jawab untuk urusan bangsa dan negara ini agar negara kita mampu bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru di tingkat regional dan global,’’ tandas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kepala Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan prospek ekonomi tahun 2021 dan arah kebijakan Bank Indonesia.  Menurutnya, sembilan bulan terakhir adalah sebuah perjuangan besar dalam melewati krisis Covid-19. Sinergi dan stabilitas yang terjaga dan perekonomian yang mulai membaik adalah bukti sinergi membangun optimisme perlu diperkuat antara pemerintah pusat dan daerah.

‘’Sinergi itulah yang perlu kita perkuat dalam membangun optimisme pemulihan ekonomi lebih baik lagi kedepan menuju Indonesia Maju,’’ kata Perry.

Ia mengatakan Bank Indonesia mendukung penuh pemulihan ekonomi nasional melalui stimulus moneter dan makro krusial serta kebijakan digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Baca juga :  Komisi 3 DPRD Bali Soroti Tiang “Beranak”, Cium Peluang Bisnis untuk Pemerintah

‘’Bank Indonesia senantiasa mengarahkan seluruh instrumen kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,’’ ujar Perry.

Sebagai penutup, ia mengatakan prospek ekonomi di tahun 2021 akan semakin membaik. Optimisme tersebut harus terus dibangun dan diperkuat dengan semangat bersinergi dengan pemerintah dan berbagai pihak.

‘’InsyaAllah ekonomi kita akan pulih, kembali tumbuh tinggi menuju Indonesia Maju yang semakin sejahtera,’’ tandasnya.

Setelah akhir acara, Gubernur NTB bersama Anggota Komisi XI DPR RI, Hj. Wartiah, menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada lima lembaga pendidikan dan menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Bank Indonesia dengan Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram dan Universitas Samawa. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.