Wisuda Ke-147 Unud Lepas 511 Wisudawan, Rektor Beri Kejutan Lulusan Terbaik pada Dua Prodi

WISUDA ke-147 Universitas Udayana yang berlangsung full offline di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Badung, Sabtu (23/4/2022). Foto: ist

MANGUPURA – Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan wisuda ke-147 yang berlangsung full offline dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Sabtu (23/4/2022).

Pada wisuda periode ini, Rektor Unud melepas 511 wisudawan yang terdiri dari Program Doktor 21 orang, Program Magister 61 orang, Spesialis 27 orang, Profesi 53 orang, Sarjana 348 orang, dan 1 orang Diploma. Sampai saat ini Unud sudah memiliki alumni sebanyak 108.709 orang.

Bacaan Lainnya

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya bagi para wisudawan, karena di tengah keterbatasan akibat dampak pandemi mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik.

Rektor menyampaikan pihaknya tengah melakukan berbagai pembenahan di Unud yang memasuki usia ke-60 tahun.

“Kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk mampu bersaing. Untuk itu, kami sudah memiliki beberapa rencana pengembangan agar Unud menjadi salah satu perguruan tinggi favorit yang tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional,” ujarnya.

Untuk mewujudkannya, Unud akan mengubah ekosistem pendidikan menjadi lebih bermutu dan terintegrasi. Salah satunya mengintegrasikan lokasi dan sarana prasarana pendukung yang selama ini terpencar di Kampus Denpasar dan Kampus Jimbaran.

Baca juga :  Timnas U-19 Indonesia Tekuk NK Dugopolje 3-0

Juga tengah disiapkan pembangunan gedung asrama, gedung kuliah, delapan dekanat baru, gedung perpustakaan, RSGM dan RS Unud. Semua itu diharapkan berdampak luar biasa terhadap integritas Unud tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga akan mempercepat proses menuju universitas berkelas dunia.

Kepada wisudawan, Rektor berpesan agar menjaga nama baik almamater dan berpartisipasi mengisi instrumen kuesioner online dalam pelaksanaan tracer study yang memiliki peran penting untuk pengembangan kualitas pendidikan di Unud.

Mengakhiri sambutannya Rektor memberikan kejutan dengan memberikan tawaran kepada lulusan terbaik dua prodi yakni Prodi Teknologi Informasi dan Prodi Sastra Inggris atas prestasi yang diraih untuk bekerja dan bergabung menjadi staf memperkuat laju Unud ke depan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja dalam laporannya mengatakan dari 511 wisudawan yang dilepas, sebanyak 203 orang (39,7 persen) lulus tepat waktu, sedangkan 308 orang (60,3 persen) melampaui batas studi yang ditentukan.

Wisudawan didominasi kaum perempuan yang jumlahnya 304 orang, sedangkan wisudawan laki-laki 207 orang. IPK wisudawan perempuan 3,73, sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,61. Masa studi rata-rata perempuan 8,00 semester, sedangkan laki-laki masa studinya 9,52 semester. “Yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 156 orang,” ujarnya.

Ia berharap melalui pendidikan yang telah ditempuh, wisudawan tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga berkehidupan yang cerdas. Dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. “Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan,” pungkas Prof. Rai Maya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.