Tips Mengendalikan Kecemasan di Tengah Wabah Corona

  • Whatsapp

oleh dr Bagus Darmayasa (Direktur RS Bali Mandara)

BERIKUT beberapa tips yang dapat membantu dalam menghadapi pandemi corona:

  1. Cari sumber-sumber yang dapat dipercaya.
    Pastikan Anda selalu memantau perkembangan virus corona dari sumber-sumber yang benar-benar terpercaya. Contohnya dari situs WHO, Kementerian Kesehatan RI, dan Health Map.
  2. Jaga kesehatan dengan baik. Terapkan pola hidup sehat dengan kiat-kiat seperti mMengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Minum air putih yang cukup, minimal 2 liter untuk orang dewasa.
    Tetap aktif dengan rutin berolahraga. Cukup tidur, setidaknya 7-9 jam untuk orang dewasa. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Cuci tangan lebih sering, setidaknya 20 detik dengan air bersih yang mengalir. Berdoa dan meditasi juga mungkin bisa membantu dalam menenangkan panik yang berkecamuk dalam diri Anda.
  3. Tetap terhubung dengan orang orang yang anda sayangi. Dengan memelihara koneksi bersama orang-orang yang Anda sayangi, rasa panik, takut, dan lelah yang mendera Anda niscaya dapat jauh berkurang.
  4. Istirahat sejenak dari berita. Cobalah luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan beberapa aktivitas yang Anda sukai. Misalnya, membaca buku, berkebun, mendengarkan musik, menggambar dan lainnya.
  5. Alihkan perhatian untuk sementara. Sebagai contoh, Anda bisa bermain bersama hewan piaraan, berjalan mengelilingi rumah, merawat tanaman, dan banyak lagi.
  6. Berpikir positif. Mungkin ini terdengar klise, tapi menghadapi krisis dengan pikiran negatif tidak akan membuat diri lebih tenang. Selamat Mencoba!!! (*)
Baca juga :  Antusiasme Siswa Ikut PTM Terbatas, Siswa Senang Bertemu Teman, Ortu Harap PTM Permanen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.