Terkait Rumor Perpanjangan PPKM Darurat, Luhut: Diumumkan 2-3 Hari ke Depan

  • Whatsapp
MENTERI Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. foto: anataranews

JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan perpanjangan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat akan diumumkan dalam 2-3 hari ke depan.

“Saat ini, kami sedang melakukan evaluasi terhadap PPKM dengan jangka waktu ini dan apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Kami akan laporkan kepada Bapak Presiden dan saya kira dalam 2-3 hari ke depan, kita juga akan umumkan secara resmi,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (17/7/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Menteri yang ditugaskan menjadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali itu mengatakan ada dua indikator yang akan digunakan untuk mengevaluasi PPKM darurat yang berjalan pada periode 3-20 Juli 2021.

“Dua indikator yang kami gunakan mengevaluasi periode transisi di mana relaksasi apakah bisa dilakukan jika indikator penambahan kasus konfirmasi dan bed occupancy ratio (tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit) trennya semakin baik,” ujar Luhut, yang dilansir dari antaranews.

Dalam dua hari terakhir, kata Luhut, dua indikator penambahan kasus dan tingkat keterisian tempat tidur di RS itu membaik. “Kebetulan dua hari terakhir ini membaik, kita lihat lagi periode 14-21 hari (masa inkubasi varian Delta), kita akan memasuki periode tersebut, maka kami akan memasuki fase relaksasi berikutnya,” ujar dia.

Baca juga :  Transmisi Lokal Dominasi Denpasar, Pegawai BUMN dan Dokter Positif Covid-19

Luhut mengatakan selama PPKM darurat sejak 3 Juli 2021 terjadi penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang cukup baik dan berhasil menurunkan tingkat penularan kasus Covid-19. Dia menyebut PPKM darurat di DKI Jakarta dan Bali telah berjalan baik.

“Penambahan kasusnya sudah flattening dan menurun cukup baik, seperti DKI Jakarta. Saya melihat Bali juga akan menurun dalam seminggu ke depan, walaupun mungkin akan naik dalam dua atau tiga hari ke depan,” pungkas Luhut. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.