Tanah Ampo Mulai Dioperasikan sebagai Pelabuhan Pengumpul

  • Whatsapp
DERMAGA Cruise Tanah Ampo, Manggis, Karangasem akhirnya dioperasikan mulai malam, Sabtu (6/2/2021). Foto: nad
DERMAGA Cruise Tanah Ampo, Manggis, Karangasem akhirnya dioperasikan mulai malam, Sabtu (6/2/2021). Foto: nad

KARANGASEM – Dermaga Cruise Tanah Ampo, Manggis, Karangasem akhirnya dioperasikan mulai malam, Sabtu (6/2/2021). Hanya, pengoperasian dermaga yang ditujukan untuk kapal pesiar tersebut baru sebatas sebagai pelabuhan pengumpul yang melayani lintas Gili Mas-Tanah Ampo.

“Sebagai pelabuhan pengumpul sesuai Rencana Induk Pelabuhan Nasional mulai kemarin beroperasi,” kata KSOP Pelabuhan Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Minggu (7/2/2021).

Bacaan Lainnya

Pelabuhan pengumpul, ujarnya, merupakan pelabuhan yang fungsi pokoknya melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri. Yang dimaksud yakni alih muat angkutan laut dalam negeri dalam jumlah menengah, dan sebagai tempat asal tujuan penumpang dan/atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antar-provinsi.

Sebelumnya, pada Jumat (5/2/2021) juga dilakukan proses uji coba di dermaga tersebut oleh kapal City Line. Menurut Suyasmin, kapal tersebut akan beroperasi di Tanah Ampo sebagai kapal feri lintas Gili Mas-Tanah Ampo dengan pelayaran perdana dari Tanah Ampo ke Gili Mas.

Terkait rencana pelabuhan kapal pesiar seperti diwacanakan sebelumnya, Suyasmin berujar jika dilihat dari izin operasional Pelabuhan Tanah Ampo, tidak disebutkan bahwa dermaga tersebut khusus untuk kapal pesiar atau cruise. “Kalau cruise sudah diarahkan ke Benoa, apalagi dengan situasi pandemi saat ini rasanya jarang ada cruise yang datang,” jawabnya. nad

Baca juga :  40 Warga Bangli Positif Corona, 2 Orang Meninggal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.