Shin Beber Kunci Sukses Timnas Indonesia saat Bekuk Harimau Malaya

  • Whatsapp
WINGER Timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman usai menjebol gawang Timnas Malaysia dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Arhan dinobatkan sebagai pemain terbaik pada laga yang berkesudahan 4-1 untuk Indonesia. foto: antaranews

WALAU sempat tertinggal lebih dulu, Tim Nasional (Timnas) Indonesia tetap tenang hingga akhirnya sukses melakukan comeback, untuk selanjutnya memukul balik Timnas Malaysia 4-1, pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam.

Sukses membekuk Harimau Malaya dengan skor telak 4-1, tidak saja mengantarkan skuat Garuda lolos ke semifinal, namun juga memposisikan sebagai juara grup B. Timnas Vietnam yang saat bersamaan juga menang telak 4-0 atas Kamboja, harus puas sebagai runner up.

Bacaan Lainnya

Kedua tim (Indonesia dan Vietnam) sebenarnya sama-sama memiliki nilai 10 dari 4 laga tanpa terkalahkan, juga memiliki 9 gol plus. Namun Indonesia diuntungkan memiliki produktifitas gol memasukkan yang lebih baik (memasukkan 13 gol dan kemasukan 4 gol). Sementara Vietnam memasukkan 9 gol dan kemasukan 0.

Sukses sebagai juara Grup B, sekaligus menghindarkan Timnas Indonesia bertemu tim kuat Thailand sebagai juara Grup A di babak semifinal. Tim Merah Putih akan bertemu Singapura yang bertindak sebagai tuan rumah paga leg 1 pada Rabu (22/12/2021). Leg 2 akan dilangsungkan Sabtu (25/12/2021) dimana Indonesia sebagai tuan rumah.

Usai laga tersebut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa mental tangguh para pemainnya menjadi kunci sukses, sehingga bisa membuahkan kemenangan 4-1 atas Malaysia.

Baca juga :  Bule Italia Menggelandang di Kuta, Ngaku Kehabisan Bekal, Tidur di Emperan Toko

“Saya memang meminta anak-anak untuk tidak kalah saat bertarung dengan pemain-pemain Malaysia. Jangan kalah duel dan tetap tenang andai kebobolan terlebih dahulu. Jadi saya mau mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pemain,” ujar mantan pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu, dalam konferensi pers virtual setelah pertandingan.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, skuad Garuda juga menunjukkan kepercayaan diri yang baik sepanjang partai kontra Malaysia. Hal tersebut membuat Irfan Jaya dan kawan-kawan tetap kokoh secara psikologis meski tertinggal terlebih dahulu dari lawan.

Kematangan seperti itu membuat Shin merasa senang dan menilai timnya, yang diisi mayoritas pemain berusia di bawah 23 tahun, terus menunjukkan peningkatan kualitas. “Pemain-pemain muda ini semakin lama semakin berkembang. Saya senang melihatnya,” kata Shin, seperti dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Sementara winger Timnas Indonesia Pratama Arhan menyebut bahwa kemenangan atas Malaysia, yang memastikan Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B, dicapai karena kerja keras semua elemen tim.

Arhan pun memastikan upaya itu akan ditingkatkan saat mengarungi babak empat besar. “Kami akan bekerja keras untuk melaju ke final,” tutur pesepak bola berusia 19 tahun yang oleh AFF dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga versus Malaysia tersebut.

Tim nasional Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah melibas Malaysia dengan skor 4-1. Gol-gol Indonesia dilesakkan oleh Irfan Jaya (dua gol), Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Sementara Malaysia membuat skor via Kogileswaran Raj.

Baca juga :  Tanah Longsor Lumpuhkan Jalur Desa Tiga-Banjar Temaga

Prestasi di Piala AFF 2020 ini sekaligus memperbaiki pencapaian saat Piala AFF 2018 di mana Indonesia gagal melaju dari penyisihan grup. Nantinya, di semifinal, Indonesia akan melawan tim peringkat kedua Grup A, Singapura. Leg 1 pertandingan itu berlangsung pada 22 Desember dan leg 2 pada 25 Desember 2021. yes

KLASEMEN AKHIR GRUP B

1.Indonesia 4 3 1 0 13-4  10
2.Vietnam   4 3 1 0  9-0  10
3.Malaysia  4 2 0 2  8-8   6
4.Kamboja   4 1 0 3 6-11   3
5.Laos      4 0 0 4 1-14   0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.