Sempat Dua Bulan di Rutan Gianyar, Akhirnya Dirut Mitra Prodin Bebas Murni

  • Whatsapp
GENDO Suardana didampingi timnya menunjukkan putusan Pengadilan Tinggi Denpasar. Foto: adi

GIANYAR – Sempat mendekam dua bulan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Gianyar dengan dugaan tindak pidana yang tidak dilakukannya, Direktur Utama PT Mitra Prodin dan pemilik saham terbesar, John Winkel, akhirnya bebas murni, Rabu (13/10/2021).

Pengacara John Winkel, I Wayan “Gendo” Suardana, mengatakan, kasus ini ber mula saat kliennya dituduh melakukan penggelapan dalam jabatan dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Winkel dituduh merugikan perusahaan senilai Rp3,2 miliar.

Bacaan Lainnya


Padahal, kata Gendo, Winkel meminjam uang dari perusahaan. Terbukti, kasir dan manajer akunting perusahaan itu membenarkannya. Begitu juga dengan pembantu rumah tangga yang gajinya menggunakan uang perusahaan, sebelumnya juga masuk dalam tuduhan penggelapan uang perusahaan. Padahal itu merupakan fasilitas yang didapatnya selalu Direktur Utama. “Jadi, tidak benar John melakukan penggelapan,” ujarnya.

Lebih jauh diutarakan, peminjaman uang pada 30 Juli 2020 itu sudah dikembalikan Winkel. Tapi , pada bulan Agustus 2020, Winkel dilaporkan komisaris dan pemegang saham, Tony Rhodes, ke Polda Bali. Karena lokasi perusahaan ada di wilayah hukum Gianyar, persidangan dilakukan di Pengadilan Negeri Gianyar. Winkel menjalani beberapa kali persidangan, dan pada 16 Agustus 2021 dia dijatuhi hukuman 14 bulan penjara.

Baca juga :  Nyepi, Bandara Ngurah Rai Ditutup 24 Jam, 386 Penerbangan Tak Beroperasi

Namun, karena dalam persidangan terdapat banyak kejanggalan, selain melakukan banding, Gendo melaporkan hakim persidangan ke Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. “Atas putusan PN Gianyar tersebut, John Winkel banding ke Pengadilan Tinggi Denpasar, dan kemarin diputus bebas murni,” jelasnya.

Gendo bersama timnya mengaku berada di Pengadilan Negeri Gianyar berjam-jam untuk mengurus administrasi pengeluaran Winkel dari Rutan Gianyar. “Seharusnya kalau sudah diputuskan bebas tanpa syarat atau bebas murni, tidak harus menunggu proses administrasi selama ini. Mudah-mudahan ini memang prosesnya yang lama, bukan karena ada hal lain,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.