Puspa Aman Diluncurkan di Desa Saba

  • Whatsapp
KEGIATAN Puspa Aman di Desa Saba. foto: adi

GIANYAR – Pusat Pangan Aman, Mandiri, Asri dan Nyaman (Puspa Aman) yang terintrgrasi dengan Hatinya PPK milik Pemerintah Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh resmi diluncurkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra, Selasa (21/9/2021).

Peluncuran ditandai dengan menanam bibit terong, timun dan tomat, menanam pohon cabai di media tanam, serta menebar 300 ikan nila di kolam. Turut hadir Ketua WHDI, IA Diana Dewi Agung Mayun; Ketua Komisi 4 DPRD Gianyar, Ni Made Ratnadi; dan Kadis DPMD serta Kadis Ketahanan Pangan.

Bacaan Lainnya

Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, Puspa Aman sangat penting dimiliki setiap desa. Sebab, merupakan program sinergitas dengan TPS3R dan Hatinya PKK. Konsepnya yakni disiapkan rumah bibit, setelah tumbuh bibit ini akan didistribusikan ke masing-masing rumah tangga. “Melalui progam Hatinya PKK, PKK diharap bisa menata halaman rumah dengan berbagai tanaman yang bermanfaat,” sebutnya.

Tujuan Puspa Aman, jelasnya, demi bisa terwujud ketahanan pangan di masing-masing rumah tangga, khususnya pada situasi pandemi sebagaimana harapan Provinsi dan pusat.

“Kita tahu pandemi membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, khususnya harian. Otomatis cukup berat dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga. Melalui penataan di halaman rumah tangga ini, bisa menanam di rumah masing-masing, nantinya bisa menekan pengeluaran harian ekonomi keluarga,” paparnya.

Baca juga :  Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga, Sekda Karangasem Perintahkan Instansi Terkait Cepat Tanggap

Perbekel Saba, Ketut Redhana, mengatakan, Puspa Aman ini merupakan program sinergitas. Luasnya sekitar 11 are di Dusun Pinda, Desa Saba yang dianggarkan dalam APBDes 2021, sumber dana dari dana desa kurang lebih Rp117 juta. “Terdapat sejumlah bibit tanaman yang kami kembangkan di sini, seperti utamanya cabai, terong, kami yakini bisa berkembang sesuai harapan,” jelasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.