Pujasera Tunggal Sari Tawarkan Kuliner Ramadan

SUASANA di Pujasera Tunggal Sari, Tabanan yang menawarkan aneka menu kuliner khas Ramadan. Foto: ist

TABANAN – Pusat Jajanan Serba-ada (Pujasera) Tunggal Sari, Tabanan, selalu menawarkan aneka takjil atau kuliner khas Ramadan. Begitu juga saat bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah, sejumlah pedagang dengan lapak-lapak yang ada, menawarkan aneka kuliner mulai dari jajanan tradisional hingga beragam menu masakan untuk berbuka puasa.

Pujasera dengan memanfaatkan Balai Banjar Tunggal Sari yang berlokasi di sebelah Masjid Agung Tabanan itu buka mulai sekitar pukul 16.00 Wita. Beberapa jam sebelumnya, para pedagang pun sudah mulai menyiapkan penganan dagangannya di lapak-lapak.

Bacaan Lainnya

Sementara para pembeli mulai berdatangan untuk berbelanja hingga waktu menjelang berbuka puasa. “Ada sekitar 20 pedagang yang berjualan di Pujasera Tunggal Sari. Buka lapak mulai pukul 16.00 Wita sampai sekitar pukul 18.00 Wita,” ujar Kawil Tunggal Sari, H.M. Barlian, Senin (4/4/2022).

Dia mengimbau kepada para pedagang untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan di tempat berjualan.

“Alhamdulillah, kita sudah diberikan kelonggaran oleh Satgas Covid-19. Namun demikian, kami juga mengimbau kepada para pedagang maupun pengunjung agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, terutama memakai masker, cuci tangan di tempat yang sudah disediakan, juga agar tidak lupa memakai penyanitasi tangan,” harap Barlian.

Baca juga :  Warga Desa Meliling Antusias Tukar Sampah Plastik dengan Beras

Sejumlah pedagang kakilima (PKL) juga ikut meramaikan berjualan di sekitar tempat itu. Selain jajanan tradisional, juga tak ketinggalan buah kurma yang selalu ada. Begitu juga aneka minuman segar seperti serut kelapa muda, serut blewah, kolak pisang, dan lain-lain.

Menu masakan untuk berbuka puasa yang dijual pun banyak jenisnya. Di antaranya aneka olahan sayur, pepes ikan, ayam goreng, betutu, botok, dan lain-lain.

Beberapa pedagang yang ditemui, mengaku sudah biasa berjualan saat Ramadan tiba. Menurut mereka, berjualan di pujasera tersebut juga sekaligus untuk mengais rezeki musiman dalam sebulan setiap tahun.

“Alahamdulillah, rezeki selalu ada dengan banyak pengunjung yang datang berbelanja,” ujar Inna Wisnadewi, yang selalu ikut ambil bagian setiap bulan puasa.

Yang tak ketinggalan dan juga selalu diserbu pengunjung adalah es blewah di lapak Pak Badrus. Es blewah ini memiliki ciri khas dan menawarkan kesegaran aroma buah. “Dijamin higienis, dengan harga yang terjangkau pula,” ujar Badrus, mempromosikan dagangannya.

Para pengunjung pujasera di tempat itu, bukan hanya mereka yang berburu untuk menu buka puasa. Yang tidak berpuasa pun ikut berbelanja. “Enak belanja di sini (Pujasera Tunggal Sari). Banyak menu yang ditawarkan, jadi tinggal pilih mana yang disuka,” ujar salah satu pengunjung, Nadia (22). gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.