PKB XLIII: Bawakan Tabuh Menur Tiga Sakti, Baleganjur Tampak Swara Kencana Tampil Memukau

  • Whatsapp
ATRAKSI Sekeha Baleganjur Tampak Swara Kencana, Banjar Tampakgangsul sebagai duta Denpasar pada perekaman Lomba Baleganjur PKB XLIII di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center, Sabtu (5/6/2021). foto: ist

DENPASAR – Sebutan Denpasar sebagai kota berwawasan budaya, memang bukan hanya sekadar kata. Pasalnya, pada gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 ini, seluruh duta kesenian Kota Denpasar sukses tampil apik dan maksimal.

Tak terkecuali, Sekeha Baleganjur Tampak Swara Kencana, Banjar Tampakgangsul sebagai duta ibukota provinsi Bali ini, tampil memukau pada perekaman Lomba Baleganjur PKB XLIII di Panggung Terbuka Ardha Candra, Art Center, Sabtu (5/6/2021).

Bacaan Lainnya

Para duta Denpasar ini makin bersemangat karena disaksikan dan didukung langsung Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Wawali Arya Wibawa dan istri, Ayu Kristi Arya Wibawa, Pj. Sekda Made Toya, Kadis Kebudayaan IGNB. Mataram dan Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Usai perekaman, Jaya Negara dan Arya Wibawa mengaku terkesima dengan atraksi Sekeha Baleganjur Tampak Swara Kencana. ”Mantap, luar biasa,” seloroh Jaya Negara seraya menyebutkan, penampilan Baleganjur Duta Kota Denpasar sudah sangat baik dan apik.

Menurutnya, dari segi teknik, pukulan, penjiwaan serta gerakan sudah sangat atraktif dan mampu dibawakan dengan baik. “Sangat atraktif, kalau istilah Balinya nyakcakin, astungkara bisa juara,” kata Jaya Negara.

Baca juga :  Membandel, Penyelenggara Tajen Diproses Hukum

Hal senada juga disampaikan Wawali Arya Wibawa. “Tidak bisa ngomong apa, pokoknya Denpasar mantap luar biasa,” jelasnya.

Bahkan Jaya Negara dan Arya Wibawa kompak bersama seluruh sekeha Baleganjur Tampak Swara Kencana melontarkan pantun dengan penuh semangat. “Ke Pasar Meli Kaos, Denpasar Ne Bos,” ujar Jaya Negara dan Arya Wibawa disambut gembira seluruh sekeha.

Kordinator Sekeha Baleganjur Tampak Swara Kencana, I Made Buana mengatakan, dalam ajang PKB ini Sekeha Gong Tampak Swara Kencana yang dipercaya menjadi Duta Denpasar membawakan garapan tabuh berjudul Menur Tiga Sakti.

Dijelaskan, Menur Tiga Sakti menekankan pada permainan tempo, melodi, ritme, dinamika serta gerak yang atraktif dengan mengarah ke tema dan konsep menjadi unsur penting dalam wujud karya karawitan baleganjur ini.

Menur Tiga Sakti merupakan pengejawantahan dari unsur-unsur musikal yang dibingkai Satyam, Sivam, dan Sundaram. Hal ini direfleksikan pada tiga pohon yang menjadi kayu utama di sebuah “Setra”. Pohon tersebut adalah pohon Kepuh, pohon Kepah, dan pohon Rangdu.

Pohon Kepuh mewakili sifat keras yang mengacu kepada kecepatan tempo serta dinamika tegas dan meledak-ledak, pohon Kepah mewakili sifat lembut yang diaplikasikan pada alunan melodi yang mengalir dan ritme yang unik, serta pohon Rangdu sebagai penyeimbang atau penyelaras yang diaplikasikan pada bagian-bagian transisi karya ini.

“Menyatunya ketiga kekuatan ini mampu membangun kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang untuk menuju kehidupan yang harmonis. Terwujudnya keharmonisan atau kosmik sebagai wujud “purna jiwa” yang bernafaskan “wana kertih”,” pungkasnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.