Piala Menpora Mundur Sehari, 18 Tim Liga 1 Pastikan Ikut

  • Whatsapp
DIREKTUR Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno. foto: antaranews

JAKARTA – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno memastikan semua atau 18 tim Liga 1 memastikan ikut berkompetisi di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. “Sudah setuju dan memberikan konfirmasi soal keikutsertaan mereka,” ujar Sudjarno, Senin (1/3/2021).

Meski demikian, purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal Polisi itu mengakui ada beberapa klub peserta yang meminta penjelasan lebih lanjut terkait Piala Menpora 2021.

Bacaan Lainnya

Tanpa menyebutkan nama-nama timnya, Sudjarno mengatakan klub-klub tersebut menanyakan keterangan rinci tentang beberapa hal, seperti hadiah, akomodasi dan pengundian (drawing) grup.

“Namun kami telah memberikan penjelasan dan jawaban soal hal tersebut. Untuk ‘drawing’, nanti akan dilakukan secara terbuka. Rencananya minggu depan,” kata Kapolda Lampung periode 2016-2017 itu.

Terkait hadiah Piala Menpora 2021, Sudjarno belum memberikan keterangan rinci. Akan tetapi, dia mengungkapkan biaya pertandingan (match fee) ditetapkan sebesar Rp250 juta per laga.

“Awalnya Rp200 juta, tetapi kami naikkan menjadi Rp250 juta. Selain ‘match fee’, hadiah-hadiah termasuk untuk pemain terbaik, tim ter-‘fair play’ dan lain-lain sudah kami sampaikan dalam surat kepada klub,” jelasnya.

Pada bagian lain, Sudjarno juga menjelaskan perubahan jadwal atau mundur sehari dari 20 Maret menjadi 21 Maret. Perubahan itu, menurutnya merupakan hasil kesepakatan dengan PSSI serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Karena berbagai kesibukan jadi PSSI, LIB dan Kemenpora setuju (Piala Menpora) dimulai tanggal 21 Maret,” ujarnya, seperti dilansir dari antaranews.

Meski mundur sehari, pihaknya memastikan tanggal pelaksanaan partai final tidak berubah. Piala Menpora akan berjalan sesuai jadwal semula dengan partai puncak digelar pada 25 April 2021. “Perubahan tanggal dimulainya tidak mengubah rencana secara siginifikan. Jadwal tetap sampai 25 April,” tutur Sudjarno.

Baca juga :  Ratusan Babi Milik PT ABS Mati

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Polri menjadikan Piala Menpora 2021 sebagai acuan untuk memberikan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021.

Jika kompetisi itu berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan baik, maka Polri memastikan Liga 1 serta Liga 2 2021 dapat bergulir. Namun, andai hal sebaliknya yang terjadi, izin keramaian untuk liga tidak akan terbit. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.