Permanenkan Ujungtombak, Golkar Karangasem Gelar Pelatihan Saksi

  • Whatsapp
PELATIHAN untuk para pelatih saksi Partai Golkar di Pilkada Karangasem di DPD Partai Golkar Karangasem, Sabtu (21/11/2020). Foto: Ist
PELATIHAN untuk para pelatih saksi Partai Golkar di Pilkada Karangasem di DPD Partai Golkar Karangasem, Sabtu (21/11/2020). Foto: Ist

KARANGASEM – Memasuki tahap pemungutan suara Pilkada 20210, Partai Golkar Karangasem menggelar training of trainer (TOT) atau pelatihan kepada masing-masing koordinator saksi di setiap kecamatan di Karangasem, Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan di Sekretariat Partai Golkar Karangasem ini diikuti 24 peserta, wakil dari delapan kecamatan, dengan tutor atau pemateri dari Badan Saksi Nasional Provinsi Bali. Usai pelatihan, para peserta akan turun untuk memberi pelatihan bagi saksi di tingkat desa dan TPS.

Bacaan Lainnya

Ketua DPD Partai Golkar Karangasem, I Gusti Ngurah Setiawan, menyebut, saksi merupakan ujungtombak dan garda terdepan dalam memenangkan pemilu, baik itu Pileg, Pilkada maupun Pilpres. “Peran saksi sangat penting, kita sudah berbulan-bulan mencurahkan pikiran, tenaga dan materi. Jangan sampai karena kelalaian saksi akhirnya dapat mempengaruhi kemenangan kita,” serunya di hadapan peserta.

Direktur Eksekutif Badan Saksi Provinsi Bali, Muamar Kadafi, menyampaikan, Golkar selalu menghadapi persoalan sama dalam merekrut saksi, data dan tugas saksi, serta kevalidan suara di TPS. Agar tidak terjadi lagi, Golkar membentuk Badan Saksi Nasional pada September 2020. “Ilmu dan pengetahuan soal tugas saksi dalam pelatihan ini agar bisa benar-benar diterapkan di lapangan,” pesannya.

Baca juga :  Kadisdikpora Imbau Orangtua Awasi Anak Selama Libur Sekolah

Lebih jauh diutarakan, dia mengusulkan ke DPP agar saksi mendapat perhatian khusus. Karena mereka akan bertugas selamanya pada setiap pemilu, tentu diperlukan sumber daya logistik meski tidak harus bulanan. Minimal kader di eksekutif dan legislatif serta Fraksi DPR RI punya bansos maupun CSR, yang dapat diprioritaskan untuk para saksi dan kader di bawah.

Selama ini, ulasnya, partai agak kesulitan memverifikasi saksi, karena perekrutan baru dilakukan menjelang pemilu. Apakah saksi itu murni kader, atau hanya kader orang yang dititipkan di partai. “Kerja saksi nantinya tidak hanya di TPS, mereka juga berperan sebagai survei awal dalam pemetaan suara, sehingga bisa dijadikan sebagai data riil nanti,” tandasnya.017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.