Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Klungkung Perangi Sampah Plastik-Tanam Pohon

  • Whatsapp
BUPATI Klungkung, I Nyoman Suwirta, menggelar aksi penanaman pohon dan Gema Tansaplas di sejumlah pantai di Klungkung, Senin (21/6/2021). Foto: ist
BUPATI Klungkung, I Nyoman Suwirta, menggelar aksi penanaman pohon dan Gema Tansaplas di sejumlah pantai di Klungkung, Senin (21/6/2021). Foto: ist

KLUNGKUNG – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 dan pelaksanaan Bulan Bung Karno ke-3, Pemkab Klungkung menggelar penanaman pohon dan Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) di sejumlah pantai di Klungkung, Senin (21/6/2021).

Kegiatan dipimpin Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; dan Ketua TP PKK, Ayu Suwirta, ini diikuti anggota Forkopimda Klungkung dan melibatkan seluruh OPD di Pemkab Klungkung. Turut berpartisipasi instansi vertikal, BUMN, BUMD, sekolah-sekolah, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat umum dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Menurut Suwirta, penanaman pohon dan bersih sampah plastik semacam ini sering dilakukan. Karena itu, kata dia, mestinya sudah menjadi kebiasaan kita semua untuk selalu menjaga lingkungan. Sayang, dalam realitanya masih terjadi abrasi dan sampah plastik bertebaran di mana-mana.

“Hal ini menandakan apa yang dilakukan selama ini belum dari hati yang paling dalam. Maka dari itu dibutuhkan kesadaran yang tinggi semua pihak bahwa sampah plastik telah mengancam lingkungan kita, dan harus dibersihkan di manapun kita menemukannya,” pesan Suwirta saat membuka kegiatan di wantilan Pura Watu Klotok.

Lebih lanjut Suwirta mengajak desa adat dan desa dinas untuk tidak kendor dalam memerangi sampah plastik. Setelah memerangi sampah plastik, ucap Suwirta, selanjutnya menghentikan membuang sampah plastik ke lingkungan.

Baca juga :  Bali Jadi Proyek Percontohan SOP dan Prokes Pariwisata

Sampah, terutama nonorganik harus terkumpul, sedangkan sampah yang berasal dari rumah juga harus sudah dipilah. “Saat berbelanja, warga juga wajib membawa tas dari rumah. Jangan menerima bungkus plastik kresek dari pedagang,” serunya.

Di lokasi lainnya, di rest area Goa Lawah, Wakil Bupati  I Made Kasta turut serta aksi bersih pantai dari sampah plastik bersama para petugas Kecamatan Dawan dan perangkat desa. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, Ketut Suadnyana, menyebut kegiatan serentak Gema Tansaplas ini dilaksanakan di semua kecamatan.

Untuk Kecamatan Klungkung di Pantai Watu Klotok, Kecamatan Banjarangkan di areal Pura Kentel Gumi, Kecamatan Dawan di pantai Goa Lawah, dan Kecamatan Nusa Penida di Pantai Banjar Nyuh. Untuk kegiatan penanaman pohon, jelasnya, dipusatkan di sekitar areal Pura Watu Klotok dengan jumlah 100 bibit pohon, terdiri dari bibit pohon cempaka, sawo kecik dan juwet.

Bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari BPDASHL-Unda Anyar yang difasilitasi Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali sebanyak 1.000 pohon, terdiri dari bibit pohon cempaka, sirsak, sawo kecik dan juwet. Bibit tersebut selanjutnya diserahkan ke Desa Selat, Akah, Tojan, Gelgel dan Dawan Kaler, yang selanjutnya ditanam warga masyarakat di lokasi yang telah ditentukan. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.