Pendampingan UMKM Penting untuk Dukung Integrasi Ultra Mikro

  • Whatsapp
ANGGOTA Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta, memberi motivasi kepada UMKM dan pelaku usaha ultra mikro saat Sosialisasi Integrasi Ultra Mikro di Denpasar, Minggu (6/6/2021). Foto: ist
ANGGOTA Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta, memberi motivasi kepada UMKM dan pelaku usaha ultra mikro saat Sosialisasi Integrasi Ultra Mikro di Denpasar, Minggu (6/6/2021). Foto: ist

DENPASAR – Bali merupakan daerah yang mengandalkan sektor pariwisata, sehingga saat pandemi Covid-19 dampaknya begitu keras terasa. Fenomena ini jadi perhatian khusus, sehingga UMKM, terlebih usaha ultra mikro, menjadi prioritas. Hal tersebut disampaikan anggota Komisi VI DPR RI, Nyoman Parta, saat Sosialisasi Integrasi Ultra Mikro, Minggu (6/6/2021).

KATA dia, integrasi dan kolaborasi dalam mewujudkan ekosistem yang kuat dalam bidang ekonomi menjadi tujuan bersama. Karena itu, Parta menggandeng tiga narasumber dari BRI Bali Nusra, PT Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk berbagi informasi terkait program dan integrasi yang akan dilakukan. Program Pembiayaan Ultra Mikro, jelasnya, merupakan program pemerintah berbentuk pembiayaan usaha kepada masyarakat yang belum terjangkau fasilitas perbankan atau sejenisnya.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat senang membantu promosi usaha teman-teman UMKM seperti keripik, bolu, dan berbagai makanan lainnya. Saya kagum dengan semangat saudara-saudara kita yang bangkit meski terdampak pandemi,” pujinya. “Halaman media sosial saya sering dihiasi promosi produk UMKM, dan selalu saya sertakan nomor penjual agar bisa memperluas jangkauan pasar,” sambungnya.

Integrasi ini sangat baik, kata dia, sehingga semua bisa berjalan sinergis satu sama lain. Makin banyak pula masyarakat yang dipermudah akses pinjaman ataupun program penguatan UMKM serta usaha ultra mikro lainnya. Selain itu, lugasnya, integrasi pendampingan menjadi hal utama agar UMKM lebih tertata, baik manajemen usaha maupun keuangannya.

Baca juga :  Bangkitkan Perajin Berinovasi, Dekranasda Fasilitasi Pameran Kerajinan

Salah satu peserta, Adhi Deaf dari Sahabat Tuli, terbilang luar biasa kreatif dan pantang menyerah. Dia berjualan aneka pizza dan makanan ringan, karena menurutnya keterbatasan bukan halangan, melainkan kelebihan dan semangat untuk terus maju.

“Terima kasih saya ucapkan karena sudah dilibatkan dalam acara ini, sehingga kaum tuli mendapat kesempatan yang sama dalam menerima informasi segala bentuk program pemerintah, khususnya untuk usaha kecil seperti saya,” pintanya. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.