Pemkot Denpasar Kembali Raih Penghargaan APE Kategori Utama

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati menerima penghargaan APE Kategori Utama, Rabu (13/10/2021). foto: ist

DENPASAR – Pemkot Denpasar kembali sukses mendulang prestasi skala nasional. Kali ini, Ibu Kota Provinsi Bali ini sukses meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Kategori utama.

Penghargaan diserahkan melalui melalui virtual meeting, dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati dan Kepala Bappeda Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, selaku Ketua Pokja, Rabu (13/10/2021).

Bacaan Lainnya

Sri Wetrawati mengatakan, terpilihnya Kota Denpasar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Kategori Utama tidak terlepas dari berbagai program dan inovasi yang dilakukan dalam pengarusutamaan gender. Anugerah ini, merupakan wujud dan apresiasi tertinggi yang diberikan Kementerian PPPA atas inovasi Kota Denpasar dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Ditambahkan, pembangunan pemberdayaan perempuan di Denpasar telah terakomodir dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Denpasar Tahun 2016-2021. Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender telah termuat dalam Indikator Kinerja Utama Kota Denpasar, sehingga seluruh stakeholder turut berperan dalam mewujudkan kesetaraan gender.

”Komitmen Pemkot Denpasar mewujudkan Kesetaraan Gender telah dituangkan dalam beberapa Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota dalam upaya melindungi perempuan dan anak,” ujarnya.

Baca juga :  Pastikan Krama Terapkan Protokol Kesehatan, Kelurahan Pedungan Giatkan Sosialisasi dan Edukasi

Sri Wetrawati menjelaskan, penghargaan ini berhasil diraih berkat gotong-royong kerja bersama seluruh pihak. Dukungan yang besar dari Walikota, LSM, perguruan tinggi, dunia usaha, maupun seluruh masyarakat Denpasar dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

“Perlu kerja bersama agar laki-laki dan perempuan bisa mendapatkan akses, manfaat, partisipasi, kontrol yang sama dalam merencanakan maupun menikmati hasil pembangunan. Tanpa gotong-royong dari semua pihak, kesetaraan gender tidak akan bisa terwujud di Kota Denpasar,” katanya

Sementara itu, Kepala Bappeda Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan komitmen Pemkot Denpasar dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan, diapresiasi pemerintah usa, melalui penghargaan APE. Ditambahkan, Pemkot Denpasar telah mendapatkan penghargaan APE sebanyak 5 kali, yakni pada Tahun 2012 Kategori Pratama, Tahun 2014 Kategori Utama, Tahun 2016 Kategori Mentor, Tahun 2018 Kategori Utama, dan pada tanggal 13 Oktober 2021 ini kategori utama. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.