Pemkab Jembrana Gencarkan Vaksin HPR

  • Whatsapp
VAKSINASI rabies dan kontrol populasi HPR di Desa Mendoyo Dauh Tukad, Jumat (29/10/2021). Foto: ist

JEMBRANA – Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan gencar melakukan vaksin terhadap hewan penular rabies (HPR). Hal tersebut dilakukan untuk menekan jatuhnya korban akibat virus rabies. Seperti yang dilakukan di Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Jumat (29/10/2021).

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, drh. Wayan Widarsa, mengatakan, sebanyak 75 ekor hewan peliharaan mendapat suntikan vaksinasi rabies.

Bacaan Lainnya

Sementara tindakan medik operatif bedah minor (kastrasi, bedah kecil/luka kecil) kucing sebanyak 4 ekor dan anjing sebanyak 25 ekor, serta tindakan operasi bedah mayor (OH, cesar, bedah sedang/luka dalam) anjing sebanyak 24 ekor dan kucing 2 ekor.

Sebelumnya, pada Kamis (28/10/2021) lalu di Desa Kaliakah, sebanyak 50 ekor hewan peliharaan mendapat penanganan. Rincinya, kastrasi sebanyak 37 ekor dan ovariohisterectomi sebanyak 13 ekor, serta vaksinasi rabies sebanyak 75 ekor.

‘’Kegiatan vaksinasi rabies dan kontrol populasi HPR akan kembali dilaksanakan pada akhir bulan ini di kecamatan Jembrana dan Melaya masing-masing satu desa,’’ katanya.

Lebih lanjut, Widarsa, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mencegah penularan penyakit dari hewan, termasuk penyakit rabies.

Baca juga :  Tim Giriasa Disiplin Terapkan Prokes, Siapkan Tempat Cuci Tangan Sampai Penyemprotan Disinfektan

Dia berharap kegiatan ini lebih dimasifkan lagi, sehingga ke depan Kabupaten Jembrana bisa terbebas dari penyakit menular yang bersumber dari hewan termasuk penyakit rabies “Menjaga kesehatan hewan peliharaan itu sangat penting, biar semuanya aman,’’ pungkasnya. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.