Pemkab Gianyar Dukung Program Pendidikan Politik Bawaslu, Siap Hibahkan Aset Tahun 2022

  • Whatsapp
BAWASLU Bali audiensi dengan Bupati Gianyar. Foto: adi
BAWASLU Bali audiensi dengan Bupati Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Kekosongan tahapan Pemilu pada tahun 2021 ini akan menjadi momentum baik bagi Bawaslu Bali dalam meningkatkan pendidikan politik kepada masyarakat di Bali, termasuk masyarakat Kabupaten Gianyar. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, saat audiensi dengan Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, Kamis (6/5/2021).

Ariyani memaparkan, Bawaslu memiliki kewajiban untuk melaksanakan pendidikan politik kepada masyarakat. “Sepanjang tahun 2021 ini memang tidak ada tahapan pemilu atau pemilihan. Untuk itu, saat ini menjadi momentum yang tepat untuk kami melakukan pendidikan politik kepada masyarakat,” urainya.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Ariyani juga mengutarakan harapan agar Pemkab Gianyar dapat menghibahkan aset berupa tanah maupun kantor kepada Bawaslu Gianyar. Pertimbangannya, status Bawaslu saat ini sebagai lembaga permanen.

“Seperti diketahui saat ini status Bawaslu Kabupaten Gianyar sudah permanen, kemudian tantangan kami ke depan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 sangat besar. Kami mengharap adanya fasilitasi dari Pemkab Gianyar berupa gedung kantor yang representatif,” pinta satu-satunya perempuan komisioner di Bawaslu Bali itu. 

Komisioner pengampu Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu Bali, I Ketut Rudia, juga minta Bupati Gianyar menyediakan ruang bagi Bawaslu untuk melakukan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat. “Berhubung saat ini kami di Bawaslu tidak mengawasi tahapan, salah satu program kami adalah bagaimana mencerdaskan masyarakat dan memberikan pendidikan politik yang baik,” terangnya.

Baca juga :  Kapolresta Ajak Empati Kondisi Bali

Rudia menambahkan, pemerintah dan Bawaslu harus bergandengan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dalam memberi pendidikan politik. Dia berharap Pemkab Gianyar jika memiliki program yang mengundang masyarakat, dapat melibatkan Bawaslu Gianyar. Dengan demikian, kedua institusi dapat bersama-sama memberi pendidikan politik kepada masyarakat sampai di tingkat kecamatan.

Bupati Mahayastra menyampaikan kesanggupan untuk mendukung program pendidikan politik yang dirancang Bawaslu. Terkait gedung kantor, dia berkata sudah merencanakan pembangunan kantor Bawaslu Gianyar tahun 2022. Dia juga minta Bawaslu memberi rancangan desain yang akan dimasukkan ke dalam APBD Gianyar tahun 2022.

“Kami sangat mendukung program Bawaslu untuk memberi pendidikan politik kepada masyarakat Gianyar. Nanti akan kami ikutsertakan Bawaslu Gianyar bila Pemkab Gianyar menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan masyarakat,” ucapnya.

Untuk fasilitas gedung, dia berjanji paling lambat tahun 2022 Bawaslu Gianyar sudah mendapat kantor dan fasilitas lainnya, termasuk SDM. Mahayastra menambahkan, sebenarnya pembangunan kantor Bawaslu Gianyar sudah direncanakan, tapi karena dihajar Covid-19 ada beberapa anggaran yang akhirnya dipangkas dan dialihkan.

Selain jajaran Bawaslu Bali, turut mendampingi saat audiensi jajaran Bawaslu Gianyar yang dipimpin I Wayan Hartawan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.