Pekan Depan, Sekolah di Gianyar Jalankan PTM, Pelajaran Eksakta Wajib Tatap Muka

  • Whatsapp
PTM di SMPN 1 Gianyar sebelum diberlakukan PPKM. foto: adi

GIANYAR – Berhubung Kabupaten Gianyar berada di PPKM Level 3, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar memutuskan menjalankan pertemuan tatap muka (PTM). Kegiatan belajar mengajar siswa PAUD-TK, SD, SMP ini akan dimulai Senin (20/9/2021) mendatang. Hal itu diungkapkan Kadisdik Gianyar, I Wayan Suradnya, Kamis (16/9/2021).

Lebih lanjut dikatakan, sistem belajar mengajar akan diatur oleh masing-masing sekolah. Yang jelas prokes ketat wajib diterapkan, dan maksimal dalam kelas 20 siswa. Bila jumlah siswa dalam kelas lebih dari 20, maka pembelajaran dibagi dua kelas.

Bacaan Lainnya

Selain tatap muka, ditegaskan di sekolah tidak ada kantin dan siswa membawa bekal makanan dari rumah. “Ini menghindari siswa berkerumun, dan harus diawasi oleh seluruh guru di sekolah,” tegasnya.

Dia menguraikan, mata pelajaran yang wajib tatap muka adalah pelajaran eksakta seperti matematika dan IPA untuk siswa SD. Sementara untuk SMP yang wajib pembelajaran tatap muka adalah mata pelajaran matematika, fisika, dan biologi.

“Ini diatur sekolah masing-masing, yang jelas pelajaran eksakta dan pelajaran yang ada hubungannya dengan praktik wajib tatap muka,” imbuh Suradnya.

Menurutnya, pelajaran sejarah atau pelajaran lain masih bisa secara daring. Khusus untuk siswa SD, yang wajib tatap muka adalah siswa kelas 1, 2 dan 6. Kenapa wajib, jelasnya, karena untuk siswa SD kelas 1 untuk belajar membaca dan menulis. Untuk siswa kelas 6 untuk mendapat pembelajaran persiapan ke SMP.

Baca juga :  Payung Hukum Jelas, Badung Didesak Eksekusi Anggaran Penanganan Corona

Dia mendaku Disdik banyak mendapat keluhan dari orangtua siswa kelas 1 dan 2 SD, karena ada siswa yang belum bisa baca tulis dengan lancar. “Ini penting, baca tulis sebagai dasar, wajib bisa,” imbuhnya.

Siswa kelas 6 wajib tatap muka, ucapnya, karena akan persiapan menuju ke jenjang SMP. “Persiapan ini penting, karena selain mematangkan pelajaran, juga mengenal pembelajaran lanjutan untuk SMP,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.