Pariwisata Pulih, Animo Masuk SMK Meningkat

KEPALA SMKN 4 Bangli, I Wayan Suparta. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BANGLI – Pulihnya kepariwisataan Bali setelah dihajar badai Covid-19, berdampak kepada meningkatnya animo lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melanjutkan ke jenjang SMK. ”Rata-rata peningkatan siswa yang mendaftar ke SMK, khususnya SMKN 4 Bangli, mencapai 75 persen,” ungkap Kepala SMKN 4 Bangli, I Wayan Suparta, Selasa (2/7/2024).

Suparta menuturkan, saat pandemi Covid-19 berkecamuk, pada tahun 2020 animo lulusan SMP masuk ke SMK sangat jeblok. Sekarang sejalan dengan makin membaiknya kepariwisataan, baik dalam negeri maupun luar negeri, siswa tamatan SMP banyak melirik SMK. “Ini terbukti dengan membeludaknya siswa yang mendaftar ke SMK. Dan, yang paling diminati adalah jurusan perhotelan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkan, proses PPDB semua jalur telah ditutup pada 29 Juni lalu dengan lancar. Beberapa jurusan peminatnya sesuai formasi yang dibuka. Di sisi lain, ada jurusan yang tidak ada pendaftarnya, yakni jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

“Secara keseluruhan siswa yang mendaftar di SMKN 4 Bangli mencapai 263 orang. Jurusan yang paling diminati adalah pariwisata, yakni perhotelan dengan pendaftar mencapai 180 orang,” bebernya.

Baca juga :  Usut Kematian Brigadir J, Komisi III DPR RI Desak Polri Berani Transparan

Lebih jauh diuraikan, untuk proses seleksi akan dilakukan oleh sistem. Dia mencontohkan untuk jalur zonasi, dihitung dari jarak tempat tinggal dengan sekolah yang terpantau lewat titik koordinat. Sementara kalau nilai rapor, tentu akan dilihat dari akumulasi nilai saat di SMP.

Disinggung jurusan yang sepi peminat, yakni DKV, dia mendaku akan terus melakukan sosialisasi. Sebab, baru kali ini jurusan tersebut sepi pendaftar. “Nanti kami akan lebih intens mengenalkan jurusan ini ke sekolah SMP,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.