Pandemi, Tingkat Partisipasi Masyarakat Karangasem Meningkat

  • Whatsapp
DEASY Natalia. Foto: Ist
DEASY Natalia. Foto: Ist

KARANGASEM – Sebelum Pilkada 2020 dilangsungkan, sejumlah pihak mengestimasi partisipasi masyarakat Karangasem untuk menyalurkan hak pilihnya bakal jauh menurun. Namun, prediksi dan perkiraan itu justru berbalik, karena di tengah pandemi Covid-19 tingkat kehadiran pemilih ke TPS meningkat dibanding Pilkada Karangasem 2015.

KPU Karangasem, selain sukses menyelenggarakan pilkada, juga berhasil meningkatkan partisipasi pemilih kendati masih di bawah target yang ditentukan. “Target partisipasi kami di Pilkada 2020 sebanyak 79 persen, yang tercapai hanya 71,8 persen. Tapi ini meningkat bila dibandingkan Pilkada tahun 2015 yang partisipasi pemilih hanya 66 persen, itu pun dalam situasi normal,” ulas komisioner KPU Karangasem, Putu Deasy Natalia, Kamis (17/12/2020).

Bacaan Lainnya

Meningkatnya angka partisipasi tersebut walaupun di tengah pandemi Covid-19, menurut Deasy, disebabkan sejumlah faktor. Antara lain gencarnya sosialisasi, paslon yang berlaga, dan juga kesadaran masyarakat yang memang mulai meningkat. Hal lain, dia mendaku pemilih merasa aman datang ke TPS lantaran KPU juga memberi rasa aman dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Ada 15 hal baru diterapkan di TPS saat pemungutan suara kala pandemi ini.

Ada perbaikan pemilih masyarakat tersebut, Deasy mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang menggunakan hak pilihnya. Dia juga mengucap terima kasih kepada seluruh stakeholder yang turut menyukseskan Pilkada Karangasem 2020, yang dimenangkan oleh paslon nomor urut 1, I Gede Dana-Wayan Artha Dipa (Dana Dipa).017

Baca juga :  Jumlah Penderita Sampai 1.059 orang, Buleleng Peringkat Kedua Nasional Kasus DBD, Sutjidra: Belum Masuk KLB, Minta Masyarakat Taman Liligundi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.