Padukan Pendidikan dan Teknologi, Inovasi Jaya Gupta Diluncurkan

WALI Kota Denpasar, Jaya Negara, meninjau pameran pendidikan serangkaian peluncuran Inovasi Jaringan Pelayanan Guru dan Tenaga Kependidikan (Jaya Gupta) di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (29/11/2023). Foto: ist
WALI Kota Denpasar, Jaya Negara, meninjau pameran pendidikan serangkaian peluncuran Inovasi Jaringan Pelayanan Guru dan Tenaga Kependidikan (Jaya Gupta) di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (29/11/2023). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, meluncurkan secara resmi Inovasi Jaringan Pelayanan Guru dan Tenaga Kependidikan (Jaya Gupta) bertepatan dengan Peringatan HUT Korpri ke-52 dan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (29/11/2023). Hadirnya inovasi berbasis aplikasi ini diharapkan mampu menjadi wadah kolaboratif dalam memadukan pendidikan dengan teknologi guna meningkatkan pelayanan.

Serangkaian peluncuran Inovasi Jaya Gupta turut digelar pameran pendidikan yang melibatkan sebanyak 10 perwakilan TK/PAUD, 30 perwakilan SD, 30 perwakilan SMP serta 8 perwakilan komunitas belajar di Kota Denpasar. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana; Direktur TI dan Kerja Sama Universitas Negeri Surabaya, Prof. Selamet Setiawan Ph.D; serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. 

Bacaan Lainnya

Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana, dalam laporannya menjelaskan, sejalan dengan semangat reformasi dan adaptasi terhadap perkembangan zaman, pengembangan inovasi dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan sangatlah diperlukan. Salah satu cara yang sangat relevan dengan pemanfaatan teknologi informasi, terutama aplikasi yang dapat mendukung peran guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih baik.

Baca juga :  Dusun Rebakong Kini Jadi Wisata Kampung Anggur

Pihaknya berharap, adanya inovasi di bidang pembinaan ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Denpasar dapat memberikan informasi yang akurat dan akuntabel bagi masyarakat terkait layanan dan inovasi dalam bidang pendidikan. Hal ini utamanya bagi guru, pengawas, kepala sekolah, serta tenaga kependidikan lantaran aplikasi ini memuat fitur layanan berbagi praktik baik, aksi nyata, layanan tendik, dan hallo guru. 

“Inovasi Jaya Gupta dapat sebagai wadah karya inovatif dan praktik baik guru dan tenaga kependidikan. Harapannya dapat memberikan inspirasi kepada insan pendidik lainnya mengembangkan ide gagasannya demi kemajuan pendidikan di Kota Denpasar,” ujar Alit Wiradana.

Sementara itu, Prof. Selamet Setiawan mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara Pemkot Denpasar dan Universitas Negeri Surabaya dalam mendukung pengembangan inovasi Jaya Gupta. Hadirnya inovasi ini diharapkan mampu mendukung kolaborasi antara pendidikan dan teknologi yang tentunya tetap memegang teguh kearifan lokal dan nilai-nilai pendidikan. 

Dia menyatakan, Universitas Negeri Surabaya berkomitmen mengembangkan kerja sama demi mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Ini merupakan salah satu pengabdian kami, dan kami berharap inovasi Jaya Gupta ini mampu meningkatkan profesional dalam dunia pendidikan dengan memegang teguh kearifan lokal,” katanya.

Wali Kota Denpasar, Jaya Negara, mengatakan, Pemkot Denpasar memberikan apresiasi dan sangat mendukung pengembangan inovasi untuk memudahkan palayanan di setiap perangkat daerah. Hal ini sejalan dengan visi Kota Denpasar yaitu “Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju”. Pihaknya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pengembangan aplikasi ini.

Baca juga :  “Workshop” Kurikulum Merdeka di SMPN 8 Denpasar, Mendorong Guru Lebih Kompeten dan Memudahkan Mengetahui Bakat Siswa

Menurut Jaya Negara, pendidikan merupakan fondasi utama pembangunan sebuah masyarakat yang maju dan berkualitas. Karenanya, langkah inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan menjadi suatu keharusan. Dengan adanya inovasi ini, Wali Kota berharap guru dapat lebih fokus pada pembelajaran, sedangkan tenaga kependidikan dapat lebih efisien dalam mendukung kelancaran proses pendidikan.

“Kami percaya bahwa pengembangan aplikasi Jaya Gupta dalam pelayanan pendidikan untuk guru dan tenaga kependidikan merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui teknologi, kita dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih responsif, efisien, dan mendukung perkembangan pesat dalam dunia pendidikan,” katanya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.