Musim Hujan, Sekolah Diminta Waspada

  • Whatsapp
PELAKSANA Tugas Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya. Foto: tra

DENPASAR – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, mengimbau sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan saat ini. Kepala sekolah diingatkan melakukan upaya antisipasi dan mewaspadai cuaca buruk sehingga tidak mengganggu kenyamanan warga sekolah dan aktivitas sekolah.

“Pengecekan harus dilaksanakan secara rutin, mengingat saat ini musim hujan, jangan sampai gedung rusak dibiarkan dan ada yang bocor tidak diketahui,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, Jumat (3/12/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dijelaskan Eddy Mulya, langkah-langkah preventif yang dilakukan dengan mengecek kondisi lingkungan sekolah, terutama bangunan gedung sekolah. Yang wajib menjadi perhatian kepala sekolah adalah atap gedung utamanya genteng, jika ada yang bocor harus segera diperbaiki.

Arsip-arsip penting sekolah, komputer atau barang lain yang telah diinventarisir dan memungkinkan untuk diselamatkan ke tempat yang aman sehingga tidak mengakibatkan kerusakan akibat hujan.

Dokumen-dokumen penting dan buku-buku yang biasanya ada di atas meja dan hanya sekadar disimpan dalam almari, harus dilapisi plastik agar terlindung cipratan air hujan dari luar maupun karena adanya genteng yang bocor.

Saluran pembuangan yang mampet agar segera diperbaiki, dan selalu mengantisipasi serta memantau keamanan sekolah. ‘’Jika ada ruangan kelas yang sudah tidak bisa digunakan, rawan jebol dan membahayakan keselamatan warga sekolah agar dikosongkan dan segera melapor ke Disdikpora Kota Denpasar,’’ pintanya.

Baca juga :  Karangasem Kaji Kesiapan Sekolah Terapkan BTM

Demikian juga jika di sekitar lingkungan sekolah maupun luar sekolah terhadap pohon besar yang dikhawatirkan membahayakan keselamatan warga sekolah agar segera dilaporkan. Dengan begitu, pihak terkait bisa melakukan langkah antisipasi seperti pemangkasan.

Eddy Mulya berharap perawatan terhadap gedung sekolah, termasuk pelaksanaan kebersihan serta fasilitas yang ada tetap dilakukan sehingga fasilitas yang tersedia tetap baik. ‘’Kami berharap kebersihan sekolah dan perawatan fasilitas tetap dimaksimalkan, sehingga tetap berfungsi baik,” katanya memungkasi. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.