‘’Mecaru Rsi Gana lan Melaspas” di SMPN 14 Denpasar, Rai Mantra “Mendem Pedagingan” di Padmasana, Jaya Negara di Penunggun Karang

  • Whatsapp
WALI Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, usai menandatangani prasasti pembangunan SMPN 14 Denpasar; didampingi Wakil Waki Kota IGN Jaya Negara, dan Kepala SMPN 14 Denpasar, Ni Nengah Sujani. Foto: tra
WALI Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, usai menandatangani prasasti pembangunan SMPN 14 Denpasar; didampingi Wakil Waki Kota IGN Jaya Negara, dan Kepala SMPN 14 Denpasar, Ni Nengah Sujani. Foto: tra

DENPASAR – Pembangunan gedung SMPN 14 Denpasar di eks Balitex, Jalan WR Supratman, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, kini telah rampung. Bertepatan dengan Purnama Kapitu, Selasa (29/12/2020), SMPN 14 Denpasar menggelar upacara mecaru rsi gana, melaspas, mendem dasar dan pedagingan serta piodalan. Upacara di-puput Ida Pedanda Made Taman Dwijaputra dari Griya Paang Penatih.

Upacara melaspas dihadiri Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra; Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara; dan Kadis PUPR Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta. Pada kesempatan itu, Wali Kota Rai Mantra mendem pedagingan di Padmasana sekolah, sedangkan Wakil Wali Kota IGN Jaya Negara, mendem pedagingan di pelinggih penunggun karang. Saat itu, Wali Kota Rai Mantra sekaligus menandatangani prasasti pembangunan gedung SMPN 14 Denpasar.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara ini turut dipentaskan Tari Rejang Dewa dari para siswi dan Tari Rejang Sari dibawakan oleh para guru dan orang tua siswa yang ikut berpartisipasi. Juga dipentaskan tari Topeng Tua dan Topeng Monyer yang dibawakan siswa SMPN 14 Denpasar. Prosesi upacara dilaksanakan terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga :  KPU Siap Proses Penggantian Kadek Diana-Kadek Dwi

Plt. Kepala SMPN 14 Denpasar, Ni Nengah Sujani, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, sekolahnya kini memiliki 18 ruang belajar, dilengkapi parahyangan berupa Padmasana dan pelinggih penunggun karang. Ia menyebutkan semua ruang kelas sudah dilengkapi meja dan bangku siswa, papan tulis, bel listrik, sumur bor, termasuk sarana protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Denpasar telah mendirikan SMP negeri di wilayah Denpasar Timur, tepatnya di Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Dengan berdirinya SMPN 14 Denpasar ini diharapkan dapat mengakomodir tamatan SD, khususnya di wilayah Kesiman Kertalangu dan Penatih.

Nengah Sujani; didampingi Ketua Komite SMPN 14 Denpasar, Made Wisnu Widhiastra, SE., menyebutkan, ke depan SMPN 14 Denpasar akan dilengkapi sarana penunjang olahraga, seperti lapangan basket. Juga aula atau gedung serbaguna, serta tambahan ruang kelas lagi sembilan lokal. Sembari menunggu tambahan fasilitas, kini pihaknya juga melakukan penataan lingkungan yang asri dan pendidikan berkualitas.

Wali Kota Rai Mantra mengungkapkan, pembangunan SMPN 14 Denpasar ini untuk melengkapi kapasitas sekolah seiring pertumbuhan siswa di Denpasar. Di harapkan pembangunan SMPN 14 Denpasar di Denpasar Timur, keterjangkaun tamatan SD di Denpasar Timur terpenuhi dalam pelayanan pendidikan.

Rai Mantra menegaskan, pembangunan sekolah negeri seiring dengan pertumbuhan siswa. Sebagai bentuk pelayanan publik, tegas Rai Mantra, pemerintah pasti akan memenuhi.

Baca juga :  Pengalaman Pasutri PMI, Tes Cepat Positif, Dinyatakan Negatif Setelah Tes “Swab”

Di sisi lain, Rai Mantra menyambut baik upacara yang dilaksanakan oleh SMPN 14 Denpasar. Rasa bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa ini harus tetap dipupuk dan dipelihara serta digetoktularkan kepada anak didik kita di sekolah yang berlandaskan atas konsep ajaran agama Hindu yakni Tri Hita Karana.

Dengan begitu, sambung Rai Mantra, mampu memberikan keseimbangan dalam mendukung proses pendidikan. Terlebih di sekolah, karena sekolah merupakan tempat menunut ilmu pengetahuan sehingga ke depan diharapkan akan melahirkan generasi-generasi yang cerdas secara emosional serta spiritual. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.