Listrik Tanpa Kedip PLN Sukseskan MXGP 2024 Seri 2

PERSONEL PLN NTB tengah berjaga-jaga di areal sirkuit MXGP Selaparang, di Kota Mataram. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, MATARAM – Ajang Balap Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 Seri 2 yang diadakan di Sirkuit Selaparang, Lombok, pada tanggal 6-7 Juli 2024 berlangsung dengan sukses berkat dukungan tanpa kedip dari PLN Unit Induk Wilayah NTB.

Direktur Motocross Commission (CMS) dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Antonio Alia, mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas peran penting PLN dalam memastikan pasokan listrik tanpa gangguan selama balapan berlangsung.

Bacaan Lainnya

‘’Tanpa PLN, ajang (balapan) ini tidak akan berjalan lancar. Dengan dukungan dari PLN, kami bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di track tanpa hambatan. Terima kasih atas dukungan PLN,’’ kata Antonio melalui pesan tertulisnya, Senin (8/7/2024).

Selain itu, Penjabat Gubernur NTB, Mayjen (Purn) Hassanudin, juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras PLN dalam menyediakan listrik yang andal untuk acara MXGP kali ini. ‘’Hari ini kita melaksanakan MXGP, dan saya memberi apresiasi yang luar biasa kepada PLN yang selalu menyediakan listrik yang andal sehingga menyukseskan kegiatan ini,’’ ujarnya.

PT Samota Enduro Gemilang sebagai pihak penyelenggara juga menyampaikan apresiasi mereka atas suplai listrik dari PLN, yang mana seluruh rangkaian MXGP mendapatkan dukungan penuh 100 persen dari PLN.

Baca juga :  Dampak COVID-19, Penumpang Bandara Ngurah Rai Turun 30,18 Persen

Untuk mendukung acara bertaraf internasional ini, PLN menerapkan skema tanpa kedip atau zero down time dengan pasokan listrik berlapis. Pemakaian listrik tertinggi yang tercatat pada main race balapan, Minggu (7/7), adalah 696 kilo volt ampere (kVA), dengan beban tertinggi terjadi di venue Paddock yang menjadi pusat persiapan para pembalap, mencapai 173 kVA.

Selama perhelatan MXGP kali ini PLN menyiagakan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) selama acara berlangsung untuk memastikan tidak ada gangguan listrik. Untuk menjamin keandalan listrik, PLN juga mendirikan 73 posko siaga yang diisi oleh total 61 petugas piket, 361 petugas pendukung, dan 486 Tenaga Alih Daya (TAD).

Selain itu, PLN juga menyiapkan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 4 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 unit Genset, 6 unit Automatic Transfer Switch (ATS), 18 unit Panel Hubung Bagi Tegangan Rendah (PHB-TR), 2 unit Crane, 47 unit Kendaraan Roda 4, dan 12 unit Kendaraan Roda 2.

Sementara itu, General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, menjelaskan, selama pelaksanaan gelaran balapan PLN rutin melakukan pengecekan menyeluruh terhadap peralatan serta berkoordinasi dengan panitia penyelenggara dalam memastikan tidak ada kendala yang berpotensi mengganggu jalannya balapan. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah mendukung PLN dalam menyukseskan event tersebut.

‘’Kami telah menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat, untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dan tidak ada gangguan pada MXGP Lombok seri ke-2 ini. Kami berterima kasih atas dukungan penuh berbagai pihak sehingga pasokan listrik dalam mendukung MXGP di Lombok berlangsung andal,’’ ujar Sudjarwo.

Baca juga :  Antisipasi Longsor, Legislator Minta Perlancar Saluran Air

Acara MXGP 2024 Seri 2 ditutup dengan kemenangan pembalap asal Belanda, Jeffrey Herlings dari tim Redbull KTM, di kelas MXGP. Sementara itu, Lucas Coenen menjadi pembalap tercepat di kelas MX2. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.