Libur Lebaran, Sirkuit Mandalika Jadi Favorit Wisatawan

PENGUNJUNG terlihat tengah menikmati lintasan di Sirkuit Mandalika untuk dijadikan swafoto. Foto: rul
PENGUNJUNG terlihat tengah menikmati lintasan di Sirkuit Mandalika untuk dijadikan swafoto. Foto: rul

MATARAM – Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menjadi salah satu tempat wisata yang diserbu masyarakat setempat pada libur Lebaran tahun 2022. Sejumlah objek wisata di kawasan itu dipadati oleh wisatawan. Misalnya saja Sirkuit Mandalika, Bukit Seger, Bukit Meresek, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta. 

Umumnya, wisatawan yang datang ke Mandalika kebanyakan untuk berswafoto di plang nama Sirkuit Mandalika maupun di Patung Jokowi depan Sirkuit Mandalika. Ada juga yang memilih bersantai di Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, ada pula wisatawan yang menyempatkan mencoba trek lintasan di sirkuit Mandalika yang sempat menjadi ajang perhelatan MotoGP, beberapa waktu lalu. ‘’Alhamdulillah, saya puas bisa melihat langsung keindahan Sirkuit Mandalika,” ujar Iskandar, warga Kota Mataram, Kamis (5/5/2022).

Menurut dia, kendati merupakan warga NTB, namun ia justru hanya melihat kemegahan sirkuit yang pengelolaannya di bawah ITDC tersebut melalui siaran televisi. ‘’Karena liburan Idul Fitri, saya bersama anak-anak sudah berencana akan kemari. Dan sekarang itu bisa terwujud, dan memang Sirkuit Mandalika ini layak jadi kebanggaan bangsa Indonesia,’’ kata Iskandar. 

Baca juga :  Liga 1, Bali United Pesta Gol ke Gawang Laskar Rencong

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Kuta Mandalika, AKP I Made Dimas Widyantara, membenarkan jika usai Lebaran kali ini, kawasan Mandalika dipadati ribuan wisatawan yang kebanyakan merupakan warga lokal NTB. Karena itu, pihaknya melakukan intensif pada sejumlah objek wisata di sekitar KEK Mandalika. 

‘’Semua kawasan pariwisata di sekitar KEK Mandalika termasuk di pantai Senek, Landmark, dan Pantai Seger, Bukit Seger dan Bukit Merese juga tak luput dari pengawasan pihak kepolisian,’’ ungkap dia.

Untuk pengamanan, kata Dimas, Kepolisian mulai berjaga mulai sejak Senin (2/5/2022) hingga 9 Mei 2022. Sementara untuk pengamanan wisatawan tersebar di 4 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan di Kawasan Mandalika. ‘’Satu pos pengamanan terletak di depan Sirkuit Mandalika,’’ ucap Made Dimas.

Petugas yang berjaga di masing-masing pos terdiri dari 18 personel yang akan melaksanakan patroli seputaran KEK Mandalika. ‘’Kami intinya siap mengamankan kawasan Mandalika selama 24 jam,” kata Dimas.

Diprediksi ribuan wisatawan yang akan berkunjung ke KEK Mandalika bakal terjadi pada Jumat (6/5/022) hingga hari H Lebaran Ketupat.

Terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Pemuda Desa Kuta Mandalika, Alus Darmiah, mengatakan, pengunjung ke pantai Kuta Mandalika dan kawasan Sirkuit mulai berkunjung di depan Sirkuit Mandalika. ‘’Sudah banyak yang mulai berkunjung. Banyak yang selfie-selfie di depan Sirkuit,’’ kata Alus melalui sambungan telepon.

Alus juga mengaku para pemuda Desa di Desa Kuta Mandalika akan membuat posko utama di depan Sirkuit Mandalika untuk memantau keamanan wisatawan waktu libur lebaran. ‘’Kami akan bahu membahu bersama aparat kepolisian mengamankan kawasan Mandalika dan sekitarnya, sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa merasakan keamanan dan kenyamanan,’’ tandas Alus. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.