Layanan Antar Jemput Pasien Semakin Diminati Masyarakat, Pemkab Karangasem Bakal Kembangkan Jadi 8 Rayon

  • Whatsapp
RAPAT evaluasi program layanan kesehatan antar jemput pasien yang digelar di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Kamis (7/10/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Program populis di bidang kesehatan berupa layanan antar jemput pasien yang diluncurkan Bupati Karangasem, I Gede Dana, saat HUT ke-381 Kota Amlapura, betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam rapat evaluasi program layanan kesehatan antar jemput pasien yang digelar di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Kamis (7/10/2021), terungkap dalam tiga bulan terakhir sedikitnya sudah melayani 1.500 pasien.

Bacaan Lainnya

Ditemui usai rapat evaluasi, Bupati Dana, mengatakan, melihat jumlah pasien yang sudah terlayani sejak tiga bulan terakhir, mencerminkan bahwa program yang diluncurkan itu semakin diminati masyarakat. ‘’Pelaksanaan program antar jemput pasien dalam tiga bulan sudah bagus, tapi masih perlu lebih disempurnakan lagi,” ucap Dana.

Disisi lain, Dana mendaku, kendala yang dialami ada pada petugas call centre 119 yang saat ini baru ada 1 petugas di masing-masing dusun. Mengatasi kendala itu, pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk menambah petugas call center di setiap dusun maksimal 5 petugas.

“Ini yang selalu menjadi keluhan selama pelaksanaan program antar jemput pasien ini. Saya memaklumi, karena petugas yang ada memang masih terbatas. Untuk fasilitas mobil semuanya sudah bagus,” katanya.

Baca juga :  Partisipasi Pemilih Tak Capai Target, KPU Bali Agendakan Riset

Menyikapi semakin meningkatnya animo masyarakat dalam menggunakan layanan antar jemput pasien itu, Dana berencana akan mengembangkan rayon yang ada menjadi 8 rayon di tahun 2021, dari 6 rayon yang ada sekarang.

‘’Pengembangan ini rencananya akan kita laksanakan tahun depan. Rayon Bebandem yang masih bergabung dengan rayon Karangasem akan berdiri sendiri, begitu juga rayon Selat-Sidemen masing-masing akan menjadi satu rayon,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan, 1.500 lebih pasien yang sudah terlayani dari program antar jemput pasien tersebut ditangani dari 6 rayon, yakni rayon Karangasem –Bebandem, Abang, Kubu, Selat–Sidemen , dan Rayon Kecamatan Manggis.

“Per hari pasien yang bisa dilayani antara 1 sampai 3 pasien. Kalau dalam satu bulan rata-rata pasien yang dilayani sebanyak 550 orang pasien,” pungkas Bagus Putra Pertama.

Seperti diketahui, Pemkab Karangasem menyiapkan 22 unit kendaraan pelat merah dalam program antar jemput pasien. Sedangkan petugas pelayan kesehatan yang disediakan 84 orang, rinciannya 28 orang tenaga paramedis, 30 orang tenaga pendamping, dan 24 orang tenaga sopir, tersebar di 6 rayon. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.