Lagi, Indonesia Satu Grup dengan Malaysia pada Piala AFF U-23 di Kamboja (14-26 Februari 2022)

  • Whatsapp
STARTING eleven Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Timnas Australia pada leg kedua kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Republican Central, Dushanbe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021). foto: antaranews

JAKARTA – Pasca Piala AFF 2020 di Singapura, laga klasik yang mempertemukan Tim Nasional (Timnas) Indonesia dengan Timnas Malaysia kembali tersaji dalam waktu dekat ini, 14-26 Februari 2022 pada ajang Piala AFF U-23 di Kamboja.

Sebagaimana diketahui, pada ajang Piala AFF 2020 di Singapura yang baru digelar 2021 karena pandemi covid-19, Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Bacaan Lainnya

Skuat Garuda yang tidak diunggulkan masuk semifinal, justru akhirnya tampil sebagai juara grup dimana kunci kemenangannya diraih saat menggebuk Harimau Malaya 4-1 di laga pamungkas.

Sementara pada ajang Piala AFF U-23, Timnas Indonesia kembali berada di Grup B bersama Malaysia dan dua tim lainnya yakni Myanmar dan Laos. Dikutup dari laman AFF, pengundian grup dilakukan AFF di Singapura pada Rabu (29/12/2021).

Timnas Indonesia berstatus juara bertahan turnamen ini setelah memenanginya pada tahun 2019, di mana turnamen mempertandingkan pemain berumur maksimal 22 tahun atau U-22. Sementara catatan terbaik Malaysia di turnamen tersebut adalah menjadi semifinalis pada tahun 2005.

Adapun Grup A Piala AFF U-23 tahun 2022 diisi oleh Timor Leste, Filipina, Brunei Darussalam dan tuan rumah Kamboja. Kemudian di Grup C ada Thailand, Vietnam dan Singapura.

Baca juga :  Antisipasi Kerawanan Kecurangan TPS dengan Simulasi Pilkada

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth menegaskan bahwa Piala AFF U-23 merupakan agenda tetap AFF dan akan digelar secara rutin sebagai persiapan negara-negara ASEAN untuk mengikuti Olimpiade, Asian Games dan SEA Games.

Khiev Sameth pun yakin turnamen akan berjalan menarik. “Kami semua sangat menantikan kompetisi menarik yang akan menampilkan bintang-bintang masa depan kawasan ini. Hanya sekitar satu bulan lagi Piala AFF U-23 akan dimulai dan para suporter dapat bersorak untuk mendukung timnas U-23 kesayangan mereka,” tutur pria asal Kamboja tersebut, seperti dikutip posmerdeka.com dari antaranews.

Piala AFF U-23 digelar pertama kali tahun 2005, di mana Thailand keluar sebagai juara. Setelah itu, turnamen sempat vakum dan dilaksanakan kembali pada tahun 2019 dengan perubahan batasan umur menjadi U-22. Di sini, Timnas U-22 Indonesia yang dilatih Indra Sjafri berhasil mengangkat trofi juara. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.