Kejuaraan “Asian League Paragliding Accuracy 2024” Dongkrak Investasi NTB

PESERTA Asian League Paragliding Accuracy 2024 saat menunjukkan aksi mereka di Sky Lancing di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Loteng. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, MATARAM – Arena paralayang yang telah mendunia yakni Sky Lancing di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi NTB, tak henti menggelar event paralayang. Antusias para pecinta dan atlet paralayang untuk mengudara di Langit Sky Lancing cukup tinggi.

Saat ini, tengah berlangsung event “Asian League Paragliding Accuracy 2024”. Kegiatan tersebut secara resmi telah dibuka pada Sabtu (6/7/2024) dan akan berlangsung hingga Rabu (10/7/2024). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Airsports Federation of Asia (AFA) dan diikuti oleh puluhan atlet paralayang baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Bacaan Lainnya

Info menariknya, event paralayang ini gratis. Siapapun boleh menikmati dan menonton atraksi para atlet paralayang dengan mata telanjang secara cuma-cuma di Sky Lancing. Bagi yang berminat untuk menonton sembari menikmati panorama alam, silakan langsung datang ke arena Sky Lancing di Desa Mekarsari Loteng.

Tak berhenti di situ, dua hari setelahnya, Sky Lancing bakal menggelar salah satu acara paralayang paling bergengsi di dunia yakni Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) 4th Series 2024 mulai Kamis (11/7/2024).

Baca juga :  Bangli Tambah Satu Kasus Meninggal Positif Covid 19

Ketua Umum Paralayang Indonesia 2022-2026, Asgaf Umar, mengatakan bahwa seri pertama dimulai di Thailand, dilanjutkan ke Alanya, Turki, untuk seri kedua, dan kemudian seri ketiga di Taldykorgan, Kazakhstan, pada 13 Juni 2024. ‘’Dan seri ke-4 bakal digelar di SkyLancing Lombok Tengah. Kemudian seri terakhir atau kelima nanti akan diadakan di Jerman,’’ ujarnya, Minggu (7/7/2024).

Provinsi NTB mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah PGAWC sejak tahun 2023. Pada kejuaraan dunia PGAWC 2023, sebanyak 99 peserta dari 20 negara mendaftar secara online. Namun, karena keterbatasan kuota, hanya 80 peserta dengan peringkat dunia terbaik yang diterima.

‘’Kami berharap peserta dari Indonesia akan lebih banyak di sini, mengingat tuan rumah memiliki keuntungan tersendiri soal kuota,’’ ungkap Asgaf. ‘’Jadi, siap-siap saja menyaksikan semarak saat parasut paralayang akan mengudara di atas langit SkyLancing, Lombok Tengah nanti. Catat saja tanggal mainnya,’’ sambung dia.

Asgaf mengatakan bahwa, event seperti ini akan memberikan multi efect terutama ekonomi, karena para atlet yang datang selalu bersama team ataupun keluarga dengan durasi tinggal cukup lama. Ini tentu akan membawa dampak baik dalam membangkitkan ekonomi daerah.

‘’Kami harapkan dukungan dari seluruh pihak terutama masyarakat demi kesuksesan kejuaraan ini. Bukan saja membantu meningkatkan pariwisata tetapi juga melatih kemampuan atlit dirgantara kita sehingga mampu bersaing di kancah internasional. Dengan demikian dapat mewujudkan situasi aman dan nyaman demi suksesnya kejuaraan ini sehingga NTB akan semakin dikenal dunia,’’ jelas dia.

Baca juga :  Lemkari Klungkung Siap Tarung di Piala Menpora-Kejurnas Forki

Sky Lancing akan menggelar event PGAWC selama tiga tahun berturut-turut. Telah dimulai sejak 2023 yang lalu sampai dengan 2025 mendatang. Tahun 2024 ini merupakan kali kedua Sky Lancing menggelar PGAWC. Lebih jauh, menurut rencana, Sky Lancing juga disiapkan menjadi salah satu venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) NTB-NTT tahun 2028.

Sebelumnya, Danlanud ZAM, sekaligus Ketua FASI NTB, Erwin Sugiandi, mengatakan, keberadaan Sky Lancing ini, justru tidak lepas dari kemurahan hati pemilik lokasi yakni yang telah rela mengembangkan kawasan ini. Menurut Danlanud, latar belakang dibuatnya Sky Lancing, lantaran banyaknya bibit atlit dirgantara NTB. Namun terkendala minimnya tempat latihan, sehingga pembinaannya juga terbatas.

‘’Dari Sky Lancing menjelma dijadikan lokasi pembinaan bagi atlet dirgantara, agar pembinaan atlet NTB, enggak sampai terputus, lantaran ketiadaan lokasi berlatih,’’ tandas Erwin Sugiandi. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.