Kasus Positif Corona di Bali Turun Signifikan, Isoter Efektif

  • Whatsapp
GUBERNUR Bali, Wayan Koster; mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto; dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat memberi keterangan pers di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Minggu (29/8/2021). Foto: ist
GUBERNUR Bali, Wayan Koster; mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto; dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat memberi keterangan pers di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Minggu (29/8/2021). Foto: ist

DENPASAR – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto; bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Minggu (29/8/2021). Dalam kunjungan tersebut, Panglima dan Kapolri didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster, serta Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara.

Kepada awak media, Panglima TNI mengungkapkan, upaya untuk menekan laju terkonfirmasi positif Covid-19 yakni melakukan tracing kontak erat dari kasus yang ada. Selain itu, lanjut dia, melaksanakan treatment dengan melakukan isoter. 

Bacaan Lainnya

‘’Isoter di Bali ini sangat bagus. Kami bisa berkomunikasi secara langsung dengan para penghuni isoter yang menjalani perawatan. Baik tenaga kesehatan, kemudian ketersedian obat-obatan dan termasuk fasilitas pengobatan apabila terjadi perbaikan maka mereka bisa dirawat dengan cepat di isoter ini,’’ ungkapMarsekal Hadi.

Pihaknya juga meminta kepada Gubernur Bali agar melakukan penjemputan bagi mereka yang terkonfirmasi positif untuk melakukan isoter. ‘’Lakukan klasifikasi, sehingga jika yang masuk isoter, agar dilakukan isoter,’’ tegasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, kasus di Bali bisa ditekan.  Untuk diketahui, Minggu (29/8/2021), dilaporkan ada tambahan kasus baru 302 orang, 932 orang yang sembuh dari Covid-19 dan 44 pasien yang meninggal dunia. Jumlah kasus baru ini terbilang turun signifikan setelah beberapa hari sebelumnya tercatat di atas 1.000 per hari.

Baca juga :  KONI Gianyar Tegaskan PAW Bukan Atlet Biliar Wakil Gianyar

‘’Harapan kita semuanya, apabila tracing kontak erat dilakukan dengan baik, isoter juga laksanakan dengan baik, maka positif rate yang kita diharapkan di bawah lima akan segera tercapai dan masyarakat yang terinfeksi juga terjaring dengan prosedur tracing kontak erat,” jelas Panglima TNI.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar terus melakukan vaksinasi. ‘’Bali vaksinasinya persentasenya sudah 100 persen untuk dosis pertama, dan dosis kedua sudah 58 persen. Dan dalam waktu dekat bisa 100 persen, sehingga kekebalan komunal di Bali dalam waktu dekat bisa tercapai,’’ tandasnya.

Kapolri menambahkan, kunjungan ini untuk mengetahui progres (kemajuan) penanganan Covid-19 di Provinsi Bali. Karena, Bali menjadi konsen khusus agar bisa terkendali laju pertumbuhan Covid-19 dengan harapan situasi bisa kembali membaik. Pihaknya menilai, progres penanganan Covid-19 di Bali sangat bagus. 

‘’Dari perkembangan yang ada saat ini, angka laju sudah turun yang tadinya sempat di atas seribu, dalam kurun beberapa waktu yang lalu, saat ini sudah turun sampai angka di 400-an. Jadi ini tentunya perkembangan yang bagus,’’ ujar mantan ajudan Presiden Jokowi ini.

Terkait  banyaknya isolasi mandiri (isoman) beberapa waktu yang lalu, kata Kapolri,  saat ini sudah bergeser ke tempat-tempat yang sudah disediakan, yakni isoter. ‘’Isoter juga sudah kita lihat tadi, dan sudah sangat bagus sekali. Kita juga mengapresiasi kepada bapak gubernur dan seluruh bupati/wali kota yang telah mampu menggeser masyarakat yang melaksanakan isoman di rumah, saat ini bergeser, sehingga jumlah yang di isoter jauh lebih banyak dari yang isoman. Kurang lebih yang di isoter 60 persen, yang isoman 25 persen. Jadi ini isoter terbaik se-Indonesia,’’ katanya.

Baca juga :  Wagub Cok Ace Harapkan Pariwisata Berkelanjutan, jangan Sampai Rusak SMD dan SDA Bali

Kapori berharap dengan kebijakan isoter ini, pertumbuhan Covid-19 bisa dijaga. ‘’Kemudian yang sedang diperbaiki terkait masalah tracing dan proses sinkronisasi data antara pusat dengan daerah, sehingga tracing dan testing bisa dilaksanakan dengan maksimal,’’ harapnya. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih, vaksinasi sudah berjalan optimal sehingga diharapkan bisa diselesaikan pada September 2021, khususnya vaksin tahap kedua bisa 100 persen. ‘’Kita harapkan level Bali yang saat ini di level 4, minggu depan sudah bisa digeser level 3, selanjutnya level 2, sehingga terjadi pelonggaran dan aktivitas meningkat ekonomi Bali kembali membaik, seperti harapan seluruh masyarakat,’’ harapnya seraya menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak dalam menekan laju pertumbuhan Covid-19 di Bali.

Sementara itu, Jaya Negara mengatakan, di Denpasar terdapat  empat tempat isoter dengan kapasitas 1.800 lebih. ‘’Isoter berbasis desa sudah tidak kami lakukan lagi. Kasus di Denpasar juga menurun. Di Bali Beach ini, dari kapasitas 594 baru terisi 166, sehingga masih tersisa 428 kamar,’’ tandasnya. alt/gre

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.