Jokowi Ingatkan Perguruan Tinggi Harus Mampu Hasilkan Solusi dan Terobosan

  • Whatsapp
PRESIDEN Jokowi menyampaikan sambutan pada acara Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana. Foto: ist

DENPASAR – Presiden RI Joko Widodo mengingatkan, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan solusi dan terobosan atas permasalahan-permasalahan yang tengah dihadapi bangsa, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya melalui video pada puncak acara peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Udayana (Unud) pada Rabu (29/9/2021).

Presiden menyadari bahwa situasi pandemi Covid-19 telah memberikan kesulitan besar bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum termasuk masyarakat Bali. “Tetapi, kita patut bersyukur kita bisa mengendalikan pandemi ini dengan baik, dan pemerintah akan terus berupaya keras untuk meringankan beban masyarakat dan memulihkan perekonomian,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Jokowi, dalam situasi yang penuh tantangan ini, pandemi juga memberikan banyak pelajaran kepada kita semua. Harus selalu siaga menghadapi ketidakpastian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan keharusan. Serta kecepatan dan inovasi menjadi prasyarat agar kita mampu untuk tangguh dan terus tumbuh.

“Di setiap tantangan yang dihadapi tersebut, perguruan tinggi harus menjadi episentrum kemajuan, menciptakan ruang bagi tumbuh suburnya berbagai inovasi, menyediakan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan yang mampu menghasilkan solusi dan terobosan dalam memecahkan permasalahan-permasalahan bangsa,” ujar Jokowi.

Baca juga :  Kemenparekraf Resmi Luncurkan Program 'We Love Bali', Edukasi Sekaligus Kampanye CHSE

Lebih lanjut Presiden mengatakan, dalam usia yang lebih dari setengah abad ini, Unud harus mampu meremajakan diri, meremajakan kurikulum dan metode pembelajaran, memfasilitasi mahasiswa untuk belajar kepada siapa pun juga di mana pun, tentang apa pun juga. Selalu tanggap terhadap dinamika permasalahan di masyarakat serta memperkuat kolaborasi dengan para praktisi dan pelaku industri.

“Saya berharap Universitas Udayana menghasilkan SDM dan iptek yang unggul, semakin berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa dengan tetap kuat menjaga akar tradisi dan budaya Bali,” katanya.

Puncak Dies Natalis ke-59 Unud, Rabu (29/9/2021) dilaksanakan secara hybrid di mana titik lokasi utama berlokasi di Gedung Agrokomplek Kampus Denpasar. Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara mengatakan, tema Dies Natalis adalah “Memperkuat Inovasi dan Daya Saing dengan Semangat Gotong Royong di Era Pandemi Covid-19 untuk Indonesia Bangkit”. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.