Jegeg-Bagus Tabanan Diharap Lahirkan Duta Pariwisata yang Kreatif dan Inovatif

BUPATI Sanjaya saat membuka Final Pemilihan Jegeg-Bagus Tabanan 2022 di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Minggu (31/7/2022) malam. Foto: ist
BUPATI Sanjaya saat membuka Final Pemilihan Jegeg-Bagus Tabanan 2022 di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Minggu (31/7/2022) malam. Foto: ist

TABANAN – Ajang bergengsi sekelas pemilihan Jegeg-Bagus Tabanan diyakini mampu mencetak generasi yang bisa membawa nama baik Kabupaten Tabanan, tidak hanya di daerah, bahkan sampai ke luar daerah. Hal itu diungkapkan Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat membuka Final Pemilihan Jegeg-Bagus Tabanan 2022 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu (31/7/2022) malam.

Generasi muda yang terpilih dalam ajang tersebut, kata Sanjaya, sekaligus yang akan bertugas jadi Duta Pariwisata Kabupaten Tabanan. “Selain bertugas mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Tabanan, juga diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pasemetonan Jegeg dan Bagus Tabanan yang di bawah naungan Dinas Pariwisata Tabanan itu berdiri sejak Februari 2006, dan jadi pelopor dalam mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Tabanan secara khusus, dan di Provinsi Bali secara umum. Setiap tahun, regenerasi duta-duta baru akan dipilih berdasarkan bakat, kompetensi, dan kemampuan dalam mengemban tugas-tugas penting tersebut selama setahun berikutnya.

Tahun ini bertema “Bangkit Bersama Mewujudkan Harmoni Semesta sebagai Penanda Spirit Taksu Bali melalui Seorang Duta”. Pemilihan Jegeg dan Bagus Tabanan ini telah melalui beberapa tahapan, dimulai sejak pendaftaran pada Januari 2022. Juga melalui dua tahapan seleksi berikutnya, masa prakarantina, hingga penetapan malam penganugerahan dan fashion show yang telah digelar pada 22 Juli lalu. Sepuluh pasang peserta finalis terdiri 10 peserta Jegeg dan 10 peserta Bagus, yang kemudian dipilih sepasang untuk berkiprah mewakili Tabanan di tingkat Provinsi Bali, yang direncanakan pada Oktober 2022 mendatang.

Baca juga :  Sikap Dualisme Kepengurusan, Gubernur Zul Minta Pengurus KNPI NTB Kompak

Bupati Sanjaya pun memberikan apresiasi kepada para generasi muda terpilih sebagai ikon dan promotor pariwisata Tabanan, untuk kemudian mengemban tugas-tugas dan tantangan perkembangan zaman ke depan. Bukan hanya menyosialisasikan pariwisata, namun juga di bidang agama, adat, dan seni budaya.Dia juga berharap kepada duta terpilih dapat membantu membangkitkan semua sendi kehidupan yang sempat terganggu karena Covid-19, baik dari sektor pertanian, ekonomi, maupun kesehatan.

Ketua Panitia, I Putu Tomas Sujiwa, menyampaikan, ajang Jegeg-Bagus Tabanan ini juga sebagai upaya menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter, dan berbudaya. “Kami berharap, semoga para finalis dapat menjalankan tugas dan kewajiban untuk selalu ikut serta dalam menumbuhkan kepariwisataan di Kabupaten Tabanan,” harapnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.