Haruskah Bayi Pakai Masker Kain untuk Hindari Covid-19?

  • Whatsapp

MASKER kain dianjurkan untuk dipakai selama berada di luar rumah untuk menekan risiko penyebaran virus corona. Apakah anjuran ini juga wajib diterapkan untuk anak-anak dan bayi?

Dokter spesialis anak Atilla Dewanti mengatakan, anak-anak di atas dua tahun sebaiknya memakai masker bila keluar rumah selama pandemi. Untuk anak di bawah dua tahun, cukup pakaikan bila anak merasa nyaman.

Bacaan Lainnya

“Mereka sudah mengerti cara pakainya, kalau bayi atau di bawah itu takutnya malah menarik-narik masker, sementara kita tidak boleh menyentuh mata dan mulut dengan tangan,” kata Atilla dalam Facebook Live Johnson’s Parents Club, yang dilansir dari antaranews, Rabu (29/4/2020).

”Masker boleh diberikan kepada anak yang lebih anteng dan tak masalah memakai masker,” ujar dokter yang praktik di RSIA Brawijaya itu seraya mengingatkan orangtua agar berhati-hati memakaikan masker untuk bayi yang masih kecil guna memastikan pernapasannya tidak terganggu.

Jika anak justru tak nyaman dan ingin menarik-narik masker dari wajahnya, sebaiknya tak perlu memakaikannya karena justru tangan anak bisa terpapar virus yang menempel di permukaan masker.

Sembari mengenakan masker, tetap menjaga jarak dengan orang lain setidaknya dua meter. Lalu, masker tetap menutup hidung, mulut, dan dagu serta cobalah tidak menyentuh masker saat Anda mengenakannya. yes

Baca juga :  Doakan Kesucian dan Kerahayuan Jagat, Badung Gelar Upacara Pemahayu Jagat dan Mapekelem di Pantai Seseh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.