Guru Harus Jadi Contoh Patuh Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

DENPASAR – Protokol kesehatan (prokes) jadi tanggung jawab semuanya, bukan cuma siswa, tapi juga guru, pekerja sampai wali murid di dalam atau di luar sekolah. ‘’Setiap guru harus menjadi contoh agar peserta didik tetap mematuhi protokol kesehatan,’’ lugas Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, di sela-sela monitoring pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di SMPN 7 Denpasar, SMP PGRI 1 Denpasar, dan SMP Sapta Andika Denpasar, Rabu (12/1/2022).

Menurut Agung Wiratama, peran guru maupun tenaga kependidikan sangat strategis. Disamping dapat menjadi contoh, bagi penerapan prokes juga menjadi sahabat dalam mendidik anak-anak. ‘’Jangan pula sampai guru yang tidak memakai masker. Berikanlah contoh-contoh yang baik,’’ sarannya.

Bacaan Lainnya

Agung Wiratama berkata, guru menjadi contoh yang baik bagi seluruh peserta didik dalam menerapkan prokes. Dengan begitu, dia optimis PTM bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari bahaya Covid-19. Agung Wiratama melanjutkan, Disdikpora bersama tim pengawas sekolah terus mengevaluasi sekolah melaksanakan PTM. ‘’Astungkara, hasil evaluasi di lapangan pelaksanannya sudah berjalan baik. Seperti monitoring kami di SMPN 7 Denpasar, SMP PGRI 1 Denpasar, dan SMP Sapta Andika Denpasar sudah melaksanakan prokes dengan baik,’’ ujarnya.

Baca juga :  Tiga Tahun Direlokasi, Korban Bencana Yeh Mampeh Baru Dibantu Isian Hunian

Hanya saja, ia masih mengingatkan sekolah terkait teknis antar-jemput siswa yang masih ada kerumunan. “Karena wali murid yang saking antusiasnya sebelum jam pulang anaknya sudah jemput. Nah, ke depan Satgas sekolah perlu diberitahu,’’ sarannya.

Kepala SMPN 7 Denpasar, I Wayan Sugianta, mengatakan, selama proses PTM, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan SOP PTM. Para guru juga mengawasi secara ketat siswa-siswanya selama proses belajar mengajar.

‘’Guru-guru juga rutin berkeliling untuk melihat penerapan protokol kesehatan di kalangan siswa,’’ imbuhnya.
Sugianta juga mengajak para siswa untuk menjadi duta siswa tangguh terhadap pandemi Covid-19, yang mana mereka menjadi contoh bagi siswa-siswa lainnya dalam kedisiplinan menerapkan prokes. Dengan demikian, mereka juga akan menjadi contoh bagi lingkungan tempat tinggalnya terutama dalam lingkungan keluarga.

‘’Misalnya mereka (siswa) pulang ke rumah maka akan mengingatkan orang tua dan kakak-kakaknya jika seandainya tidak menerapkan protokol kesehatan,’’ tuturnya memungkasi. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.