Golkar Bali Adakan Pelatihan Paralegal Milenial, Disiapkan Mediasi Kasus Adat, Perempuan dan Anak

  • Whatsapp
MADE Dauh Wijana saat memberi sambutan sebelum membuka Pelatihan Paralegal Milenial di DPD Partai Golkar Bali, Jumat (22/10/2021). Foto: ist
MADE Dauh Wijana saat memberi sambutan sebelum membuka Pelatihan Paralegal Milenial di DPD Partai Golkar Bali, Jumat (22/10/2021). Foto: ist

DENPASAR – Pelbagai persoalan hukum di masyarakat tidak akan mampu ditangani oleh para advokat yang tersedia, selain karena pihak yang berperkara belum tentu berpunya. Menghadirkan opsi solusi, Bakumham DPD Partai Golkar Bali mengadakan pelatihan paralegal milenial untuk generasi muda yang tertarik dengan masalah hukum, Jumat (22/10/2021). Selesai pelatihan, para alumnus didorong untuk menjadi mediator bagi masalah hukum yang terjadi di lingkungan mereka, terutama kasus adat, perempuan dan anak.

Ketua Bakumham DPD Partai Golkar Bali, DAP Sri Wigunawati, berujar paralegal merupakan jembatan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa ditangani legal advokat. Pelatihan paralegal disebut momentum berarti bagi Golkar, karena calon paralegal berusia di bawah 40 tahun, termasuk kelompok milenial, dan tidak apriori ke Golkar. Ilmu dari narasumber yang berasal dari Kemenkumham, LBH APIK, dan MDA Bali akan berguna sampai akhir hayat 25 peserta itu.

Bacaan Lainnya

“Kami akan sinergi dengan wakil dari Bakumham (Golkar) di kabupaten/kota, siapa tahu ada paralegal yang bergabung di Golkar kabupaten. Di sini peserta akan belajar selama tiga hari menjadi advokat yang berpraktik. Ini juga akan membuat Golkar makin dikenal dan diterima masyarakat,” serunya.

Baca juga :  Kominfo Denpasar Siapkan Pelayanan Daring di Tingkat Desa/Lurah

Sekretaris LBH APIK, Anggaraeni, memuji pelatihan ini sebagai ide progresif dan strategis Golkar untuk melibatkan kader muda belajar berorganisasi. Dia mengakui banyak persoalan hukum di masyarakat, apalagi sejak pandemi yang membuat banyak orang jadi miskin. Menurutnya, banyak isu perempuan dan anak yang bisa diatensi secara hukum, termasuk kasus adat.

“Kami juga melatih tokoh desa untuk jadi pionir karena dikenal di desanya tentang hak manusia dan isu perempuan serta anak. Juga pelatihan paralegal adat di Gianyar, sehingga bendesa adat bisa melihat degan perspektif baru karena banyak persoalan  sosial yang bersentuhan dengan hukum adat,” urainya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Bali, I Made Dauh Wijana, sebelum membuka pelatihan mengatakan, hajatan Pemilu Serentak 2024 merupakan momentum enam dekade partainya sekaligus target memenangkan Pileg dan Pilpres, dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto menjadi Presiden. Mewujudkan itu, sebutnya, Golkar tiada hari tanpa bekerja.

Khusus di Bali, ungkapnya, Golkar intens melaksanakan konsolidasi, kaderisasi dan keanggotaan. Juga banyak kegiatan membantu masyarakat terkait kasus LPD, kasus adat, dan masalah ekonomi. “Itu semua untuk membangun performa dan citra partai,” ucapnya.

Terkait paralegal, Dauh menilai para peserta minimal memiliki pengetahuan hukum dasar. Mereka tahu kondisi masyarakat sekitar, dan “Jika sudah punya sertifikat bisa berfungsi optimal.”

Sri Wigunawati menambahkan, paralegal bisa berperan mediator tanpa harus ke pengadilan atau nonlitigasi, dan ini bagus untuk solusi di tataran bawah. Jika tidak bisa memediasi dan nonlitigasi, maka Bakumham Golkar akan memfasilitasi dengan menurunkan advokat senior. Dengan lain ucap, Golkar berkontribusi menjembatani untuk menyelesaikan persoalan di masyarakat.

Baca juga :  Permintaan Sambungan PDAM Tinggi

“Ini pilot project dan akan berlanjut di semua kabupaten/kota, nanti akan dibuat pelatihan yang sama dan ada pelatihan lanjutan. Yang jelas paralegal harus komunikatif dan bisa menyerap persoalan di masyarakat, misalnya atensi (untuk memediasi) kasus LPD agar tidak sampai ke pengadilan,” tuturnya.

Salah seorang peserta, Kadek Krisna Mahaputra dari Buleleng, berkata dia ikut pelatihan ini untuk memperdalam ilmu hukum. Bermodal gelar Sarjana Hukum, dia ikut bergabung di firma hukum pamannya. “Ikut ke sini untuk tambah ilmu dan pengalaman, nanti rencana seriusin (jadi advokat),” ucapnya kalem. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.