Festival Kreatif Lokal Angkat Tema “Desa Wisata Ramah Berkendara”

SEBAGAI salah satu kegiatan FKL 2022, Menparekraf bersama Bupati Bangli dan Dirut Adira Finance melepas belasan biker keliling Desa Wisata Undisan, Bangli, Jumat (12/8/2022). Foto: ist

BANGLI – Mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Adira Finance bersinergi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk ketiga kalinya.

Mengangkat tema “Desa Wisata Ramah Berkendara”, FKL 2022 akan diadakan di lima desa wisata di wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022. FKL fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Penyelenggaraan FKL 2022 ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Sebagai salah satu kegiatan FKL 2022, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Direktur Utama Adira Finance melepas belasan biker keliling Desa Wisata Undisan, Bangli, Jumat (12/8/2022).

Menparekraf menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan.

‘’Dengan adanya sinergi yang kuat antarkedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju,’’ kata Sandiaga Uno pada kesempatan itu.

Baca juga :  Relawan Jaya Wibawa Sembahyang di Pura Agung Jagatnatha

Menurut Sandiaga, dikaruniai keindahan dan kesunyian alam, Desa Wisata Undisan sangat cocok menjadi tempat untuk “healing” bagi wisatawan yang membutuhkan ketenangan.

Dia mengaku senang merasakan antusias dan semangat warga desa serta seluruh pelaku parekraf, karena punya tujuan yang sama, yaitu mendorong kebangkitan dan kepulihan ekonomi.

‘’Terima kasih Adira yang bersedia bergotong royong membangun Desa Wisata, khususnya Desa Wisata Undisan. Saya harap wujud kolaborasi pentahelix ini dapat terus berjalan dengan penuh komitmen demi membangkitkan dan memulihkan ekonomi nasional,’’ ucap Menparekraf.

Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, mengatakan Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM.

Untuk mensukseskan tujuan tersebut, pihaknya memandang perlu untuk terus menjalin kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI.

FKL 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

‘’Mengusung tema tersebut, Adira Finance bersama Kemenparekraf RI mengadakan Festival Kreatif Lokal 2022 di lima desa wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif,’’ kata Dewa Susila.

Rangkaian FKL 2022 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi: Desa Wisata Kreatif, Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara, dan Festival Pasar Rakyat. Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value.

Baca juga :  Ohh Cabai, Harganya Moroket 200 Persen

Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara adalah kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan digital.

Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan. rap/gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.