Evaluasi Gerakan Hatinya PKK, Antari Jaya Negara: Jangan hanya untuk Lomba!

  • Whatsapp
KETUA Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara (baju hitam) saat melaksanakan evaluasi hatinya PKK di Kelurahan Pemecutan dan Kelurahan Peguyangan, Selasa (23/11/2021). foto: ist

DENPASAR – Gerakan Hatinya PKK jangan pada saat lomba saja. Namun harus dilakukan secara berkelanjutan dan dari hati. Mengingat keberadaan Hatinya PKK sangat bermanfaat bagi masing-masing rumah tangga. Minimal untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur sehari-hari.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana saat melaksanakan evaluasi hatinya PKK di Kelurahan Pemecutan Kecamatan Denpasar Barat dan Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, Selasa (23/11/2021).

Bacaan Lainnya

Antari Jaya Negara menambahkan, keberadaan Hatinya PKK sangat penting, karena dapat membantu memenuhi kebutuhan sayur-mayur di keluarga masing-masing. Ini akan berdampak juga mengurangi pengeluaran belanja.

Yang tidak kalah penting, keberadaan Hatinya PKK dapat membuat halaman menjadi hijau dan indah. “Kami harapkan keberadaan Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga harus terus dikembangkan. Sehingga semua rumah tangga telah memiliki Hatinya PKK,” harapnya.

Dari hasil evaluasi di dua kelurahan, menurutnya, keberadaan Hatinya PKK sudah cukup baik. Namun harus terus dikembangkan sehingga lebih sempurnya. Melalui evaluasi ini, masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga lebih faham apa saja yang harus ada dalam mewujudkan Hatinya PKK.

Baca juga :  Unud Kukuhkan Lima Guru Besar Tetap

“Kami harapkan kepada Camat dan lurah/perbekel terus dapat mengembangkan gerakan Hatinya PKK di wilayah masing-masing,” harap Antari Jaya Negara.

Sementara Camat Denpasar Utara I Nyoman Lodera menyampaikan keberadaan Hatinya PKK tidak hanya untuk membuat halaman indah melainkan mampu meningkatkan kesehatan masing-masing di rumah tangga.

Pasalnya, halaman yang hijau dapat meningkatkan jumlah oksigen yang dihasilkan. Karena itu, gerakan Hatinya PKK harus dilaksanakan berkelanjutan, sehingga benar-benar dirasakan kemanfaatannya.

Nyoman Riswan Pertama Putra yang telah melaksanakan Hatinya PKK mengakui halama rumahnya nyaman terlebih saat datang dari kerja. Halaman yang hijau mampu memberikan suasana pikiran menjadi tenang, selain dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan di dapur seperti cabai dan sayur mayur.

Salah seorang Tim Penilai I Wayan Sumatra menyampaikan, secara keseluruhan keberadaan Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga sudah cukup baik.

Namun masih perlu perbaikan karena sesuai indikator penilaian masih ada yang belum terpenuhi. Salah satunya pemanfaatan barang bekas untuk media tanam, disamping pemanfaatan sampah daun-daunan sebagai kompos. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.