Edi Wirawan Minta Ilmu Guru Lebih Dinamis

  • Whatsapp
WABUP Tabanan, I Made Edi Wirawan, saat membuka webinar pendidikan, yang diselenggarakan melalui siaran langsung dan Youtube Sahabat Guru, di Ruang Rapat Wakil Bupati Tabanan, Jumat (15/10/2021). Foto: ist

TABANAN – Guru harus lebih dinamis dalam mengembangkan proses pembelajaran, yang didukung dengan teknologi informasi. Wabup Tabanan, I Made Edi Wirawan, menekankan hal itu, saat membuka webinar pendidikan, yang diselenggarakan melalui siaran langsung dan Youtube Sahabat Guru, di Ruang Rapat Wakil Bupati Tabanan, Jumat (15/10/2021).

Dikatakan, peran dan tanggung jawab guru semakin kompleks, sehingga dituntut senantiasa meningkatkan kemampuan profesional. Maka ada relevansinya jika webinar tersebut bertema ‘Membentuk SDM Guru Daerah yang Memiliki Keterampilan dan Mampu Beradaptasi dalam Penguasaan Media Digital untuk Pembelajaran’.

Bacaan Lainnya

Webinar diikuti para guru dan tenaga kependidikan se-Kabupaten Tabanan, yang diprakarsai Sahabat Guru, dan bekerja sama dengan Kemenkominfo RI, Siberkreasi dan APKaSI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), dengan keynote speech Johnny G. Plate selaku Menteri Kominfo RI.

Turut hadir pula Dewan Pengurus APKaSI, staf ahli APKaSI bidang Pendidikan dan Kebudayaan, inisiator program Sahabat Guru, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, dan dosen Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara.

Menurut Edi, keterbatasan ruang gerak dalam menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran di tengah situasi pandemi Covid-19, pemerintah mampu bersinergi untuk menyukseskan program literasi digital nasional, yang berperan penting bagi peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan. Hal itu dalam rangka mewujudkan digitalisasi di sektor pendidikan, serta gerakan serentak belajar.

Baca juga :  Polisi Masih Dalami Motif Pelaku Pembunuhan di Banjar, Buleleng

“Guru harus lebih dinamis dalam mengembangkan proses pembelajaran, yang didukung teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini, karena dapat mendayagunakan sumber-sumber belajar yang telah dikembangkan dalam bentuk aplikasi digital learning,” ujar Edi.

Dia berharap kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Tabanan, agar hasil dari webinar ini mampu mendukung program ‘Merdeka Belajar’ (bisa belajar di mana saja dan kapan saja). Menciptakan suasana belajar yang baik bagi peserta didik dan guru, serta berfokus dalam peningkatan kualitas SDM.

“Semua harus siap mengubah pola pikir dan perilaku, serta mampu bertransformasi sesuai dengan tuntutan situasi yang terus berubah. Ini upaya nyata akselerasi peningkatan literasi digital guru, menuju guru cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam upaya menghasilkan lulusan yang unggul,” tandasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.