Dukung Pemulihan Pariwisata, Mendagri Kirim Youtuber

  • Whatsapp
Foto: WAGUB Cok Ace, saat bertemu Youtuber ‘Tina Bule’. Foto: ist
Foto: WAGUB Cok Ace, saat bertemu Youtuber ‘Tina Bule’. Foto: ist

DENPASAR – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengirimkan Youtuber ‘Tina Bule’ ke Bali, sebagai upaya untuk mendukung dan membangkitkan kembali sektor pariwisata yang terpuruk karena pandemi Covid-19. Hal tersebut terungkap saat Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) bertemu dengan Kepala BPP Kemendagri, Agus Fatoni bersama ‘Tina Bule’ yang berlangsung di Ruang Tamu Kantor Wakil Gubernur, Kamis (13/8).

Agus Fatoni mengatakan, kedatangannya ke Bali bersama ‘Tina Bule’ merupakan instruksi langsung dari Mendagri Tito Karnavian. “Bali dipilih menjadi salah satu daerah yang dipromosikan karena menyabet dua penghargaan pada Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman dari Covid-19 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Salah satunya, juara I pada kategori sektor/cluster pasar tradisional.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu, kata dia, Kemendagri menggandeng ‘Tina Bule’ untuk membantu promosi Bali melalui channel youtube yang dikelolanya. Menurutnya, di era digital ini, cara-cara millennial akan lebih efektif dalam melakukan promosi. “Lagipula dia ini kan bule, jadi kita harap pesannya bisa tersampaikan secara lebih luas,” ucapnya.

Terkait dengan pengambilan video, ia berharap Pemprov Bali memberikan rekomendasi terkait objek yang perlu diangkat dan dipublikasikan. Di mana konten dalam bentuk video itu, nantinya akan dishare melalui channel youtube ‘Mba Tina Bule’ yang saat ini telah memiliki lebih dari 260 ribu subscriber. “Manfaatkan ini untuk lebih mempromosikan budaya, alam dan keunikan Bali,” tambahnya.

Baca juga :  Pasien Meningkat, RSUD Klungkung Gunakan Ruang VIP Tempat Isolasi, Segera Rekrut Tenaga Perawat

Menanggapi hal tersebut, Cok Ace yang didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi (BARI) Daerah Ir. I Made Gunaja, M.Si., menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Kemendagri. Ia juga sependapat, saat ini kelompok millennial yang punya dunia. “Cara penyampaian dengan gaya millennial tentu akan lebih didengar,” tandasnya.

Cok Ace yang juga Ketua PHRI Bali menyampaikan bahwa ini kesempatan baik bagi Daerah Bali. Kepada ‘Tina Bule’, ia menginformasikan bahwa saat ini Bali masih fokus pada wisatawan domestik (wisdom). Untuk itu, ia berharap konten yang nantinya digarap oleh youtuber asal Rumania ini lebih menonjolkan objek yang sesuai dengan selera wisdom. Biasanya, tambah Cok Ace, wisdom lebih menyukai suasana pesisir. “Suasana pedesaan juga bisa diangkat karena masyarakat saat ini membutuhkan udara segar,” jelasnya.

Kepala BARI Gede Gunaja mendukung langkah Kemendagri dengan menggandeng seorang youtuber. Ia berharap, promosi melalui channel youtube mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisdom ke Pulau Dewata.

Sementara itu, ‘Tina Bule’ yang didampingi sang suami Bayu Hadi Surya sangat berharap bisa membantu pemulihan sektor pariwisata Bali yang terpuruk di tengah pandemi Covid-19. Perempuan yang punya nama asli Cristina ini akan berusaha membuat konten-konten menarik tentang Bali. Dalam proses pengambilan gambar, ia akan berkoordinasi dengan pihak terkait. 019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.