DTW Uluwatu Tuntaskan Vaksinasi Tahap Dua

  • Whatsapp
VAKSINASI kepada pekerja pariwisata di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu. Foto: gay
VAKSINASI kepada pekerja pariwisata di DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu. Foto: gay

MANGUPURA – Rencana pemerintah untuk membuka kunjungan pariwisata internasional (internasional border) pada Juni-Juli 2021 disambut antusias manajemen pengelola DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu. Selasa (20/4/2021), manajemen dan staf pengelola bersama sekaa penari kecak, kelompok pedagang, pemandu wisata bersama kelompok pekerja massage di Pantai Labuansait telah penyelesaikan vaksinasi dosis kedua yang dilaksanakan di wantilan objek wisata Uluwatu.

Manajer Pengelola DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Wayan Wijana, menerangkan, vaksinasi tahap dua itu merupakan kelanjutan vaksinasi tahap satu yang ditinjau langsung Kemenparekraf, Sandiaga Uno. Vaksinasi tahap kedua itu menarget kurang lebih 400 masyarakat, berlangsung selama dua hari, 19-20 April 2021. Sementara untuk masyarakat yang belum tercover karena kesibukan upacara dan sebagainya, Rabu (21/4/2021) Desa Pecatu akan mengadakan vaksin massal, seperti untuk pemangku, tokoh masyarakat dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pihak desa dinas dan adat bersama Dinas Kesehatan juga sudah melakukan vaksinasi di beberapa tempat. ‘’Dengan tuntasnya vaksinasi tahap dua ini tentu kawasan Uluwatu ini masuk dalam kawasan hijau atau green zone yang aman dan nyaman untuk dikunjungi. Ini merupakan salah satu modal untuk kita membangkitkan dan menggairahkan kembali kunjungan wisatawan internasional. Kami sangat siap menyambut internasional border,’’ tegasnya.

Baca juga :  Mensos Pastikan Penyaluran BST di Karangasem Sudah Tepat Sasaran

Selain hal tersebut, pihaknya juga sudah sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menyiapkan penyanitasi tangan serta pengecekan suhu ke pengunjung. Semua elemen masyarakat melalui dinas dan adat sudah tersentuh vaksinasi, sehingga daya dukung lingkungan juga sangat menunjang hal tersebut.

Jika pariwisata internasional jadi dibuka kembali pada Juni-Juli 2021, ia menilai hal itu tentu akan membawa dampak  yang sangat bagus, karena DTW Uluwatu sudah sangat siap.

Disisi lain, meski dalam suasana pandemi, kunjungan wisatawan domestik DTW Uluwatu cukup menggembirakan. Saat liburan Paskah belum lama ini, kunjungan wisatawan domestik mencapai 1.000 orang per hari. Setelah itu kembali turun ke angka 500 orang per hari dan saat ini rata-rata 200 orang per hari.

Sementara itu, Ketua Sekaa Kecak Karang Boma, I Made Sudira, mengaku sangat antusias menyambut vaksinasi tahap dua tersebut, khususnya yang diberikan kepada seluruh penari kecak di Uluwatu. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak kepada para penari, agar memiliki imun tubuh atau antibodi yang kuat saat melakukan pertunjukan.

‘’Kami harap rencana pembukaan pariwisata internasional di bulan Juni-Juli 2021 ini benar bisa terealisasi. Sebab kami sangat merindukan sekali untuk bisa tampil. Semoga rencana itu tidak ada hambatan dan kami sepenuhnya sangat mendukung dan telah mempersiapkan diri untuk itu,’’ ujarnya memungkasi. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.