DPRD Kota Denpasar Setujui Lima Ranperda

  • Whatsapp
SIDANG Paripurna DPRD Kota Denpasar pada Jumat (10/12/2021) dipimpin Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede. Foto: ist

DENPASAR – Seluruh Fraksi DPRD Kota Denpasar menyetujui lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemkot Denpasar pada Rapat Paripurna Ke-29 Masa Persidangan III, Jumat (10/12/2021). Sidang berlangsung secara daring dan luring di Gedung DPRD Denpasar.

Lima Ranperda tersebut meliputi Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, Ranperda tentang Retribusi Perpanjangan Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing, Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2020 tentang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Bacaan Lainnya

Kemudian Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta Ranperda tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah.

Rapat Paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi dibuka Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, didampingi Wakil Ketua DPRD Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira. Sidang ini dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pimpinan OPD terkait.

Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kota Denpasar yakni Fraksi Gerindra, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, dan Fraksi Nasdem-PSI, pada kesimpulannya menyetujui kelima Ranperda tersebut untuk dapat disahkan menjadi Perda Kota Denpasar sesuai dengan tata cara dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga :  Update Covid-19 di Bali: Pasien Sembuh 125, Positif 129, Meninggal Bertambah 9 Orang

Pidato Wali Kota Denpasar yang dibacakan Wakil Wali Kota Arya Wibawa menyampaikan bahwa keputusan yang menjadi kesepakatan ini tentunya sudah didahului dengan proses dan tahapan pembahasan terhadap kelima ranperda tersebut.

“Berdasarkan pada pendapat akhir dan masing-masing fraksi masih ada beberapa usul, saran dan catatan-catatan yang disampaikan, maka terhadap catatan tersebut akan kami kaji dan tindaklanjuti,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arya Wibawa juga membacakan sambutan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, tentang pendapat Wali Kota Denpasar terhadap Ranperda Inisiatif DPRD Denpasar tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Disampaikan bahwa mengenai materi muatan dalam ranperda ini secara umum sudah sangat sesuai dengan kebutuhan hukum masyarakat Kota Denpasar. Apalagi dalam penyusunannya sudah dilaksanakan dengan kajian yang mendasar. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.