Bupati Suwirta Ajak Warga Jalankan Germas dan Periksa Kesehatan Berkala

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2021 di UPTD Puskesmas Dawan 1, Desa Pikat Kecamatan Dawan, Minggu (14/11/2021). Foto: ist

KLUNGKUNG – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pemeriksaan kesehatan umum berkala, minimal setahun sekali, perlu dilakukan. Germas merupakan gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan serta perilaku masyarakat kurang sehat.

Ajakan itu disampaikan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2021, di UPTD Puskesmas Dawan 1, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Minggu (14/11/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati Klungkung dalam sambutannya menyampaikan, Germas penting dilaksanakan semua kelompok masyarakat. Sosialisasi perlu sejak usia dini untuk membentuk pola perilaku.

Pola hidup sehat, kata dia, di antaranya melakukan aktivitas fisik, tidak merokok, dan cek kesehatan berkala. Suwirta juga mengingatkan, perubahan zaman dan kemajuan ekonomi diikuti dengan perubahan perilaku dan pola makan.

Hal itu, jelasnya, tanpa disadari menyebabkan terjadinya pergeseran pola hidup yang dapat menyebabkan seseorang mengidap berbagai macam penyakit. Misalnya sakit jantung, stroke, darah tinggi, dan penyakit lainnya. Peran pemerintah sangat diperlukan mengedukasi masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

“Saya mengharapkan masyarakat dapat memproteksi diri dengan menerapkan pola hidup sehat dan langkah preventif. Kepada masyarakat Klungkung, untuk mengantisipasi terjangkit penyakit, baik menular maupun tidak menular, mari upayakan melaksanakan general check up (periksa kesehatan umum) minimal setahun sekali,” ajaknya.

Baca juga :  Korsleting, Warga di Desa Kesimpar Terbakar

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, Ida Ayu Megawati, melaporkan, dalam memperingati HKN ke-57 dan Hari Diabetes Sedunia tahun 2021, Kabupaten Klungkung melaksanakan gebyar pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan serentak, Minggu (14/11/2021) seluruh Puskesmas di Klungkung.

Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Dawan I, yang diisi dengan berbagai kegiatan, yakni pemeriksaan kesehatan masyarakat lansia, penyuluhan kesehatan, dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung Germas. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.