Bupati Mahayastra Janji Optimalkan Retribusi IMB

  • Whatsapp
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra, berbincang bincang dengan anggota DPRD usai sidang paripurna. Foto: adi

GIANYAR – Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, memberi jawaban terkait Pemandangan Umum Fraksi di DPRD Gianyar atas rancangan APBD 2022 saat sidang paripurna di DPRD, Senin (18/10/2021). Pada kesempatan itu, Mahayastra berjanji akan mengoptimalkan retribusi IMB.

Mengawali jawabannya, Bupati Mahayastra mengucapkan terima kasih dan penghargaan terhadap semua fraksi yang mencermati materi Ranperda tentang APBD 2022.

Bacaan Lainnya


Menjawab pertanyaan usul dan saran Fraksi PDIP, dia berkata langkah yang akan diambil agar target Pendapatan Asli Daerah tahun 2022 bisa dicapai adalah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah, juga retribusi daerah.

Antara lain meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha di sektor pariwisata untuk bersama-sama memulihkan pertumbuhan sektor pariwisata, dengan mengoptimalkan kunjungan wisatawan domestik selain wisatawan asing.

Untuk optimalisasi PAD, jelasnya, yang dilakukan yakni melakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan seperti penyesuaian tarif pajak PBB-P2, dan optimalisasi retribusi IMB. Kemudian menerapkan sistem manajemen modern di pasar tradisional dengan melakukan digitalisasi e-retribusi, dan menyusun SOP dalam rangka mengoptimalisasi retribusi.

Menanggapi pengangkatan PPPK sesuai saran Fraksi Partai Golkar, Mahayastra mengaku masih melakukan kajian anggaran dan kebutuhan pegawai sesuai formasi. Nantinya dilakukan secara terintegrasi dengan pengadaan ASN.

Baca juga :  Cok Agung Gemakan Tetap Taat Protokol Kesehatan

Jumlah keadaan pegawai saat ini (bezetting), urainya, berdasarkan jenis jabatan sesuai standar adalah untuk pejabat pelaksana sebanyak 5.360 denganbezetting sebesar 1.557, pejabat fungsional sebanyak 5.876 dengan bezetting 3.382, serta pejabat struktural sebanyak 803 dengan bezetting sebesar 760.

Untuk pembentukan PD Pasar dalam pengelolaan pasar, dia berkata masih dalam kajian. Sementara untuk menjaga kebersihan pasar, Pemkab akan kerjasama dengan pihak ketiga agar lebih profesional.

Pemungutan retribusi dilaksanakan melalui sistem E-Retribusi, dan khusus di Pasar Seni Sukawati untuk transaksi dilakukan secara nontunai melalui QRIS BPD Bali. Pembenahan manajemen pengelolaan pasar terus diupayakan dengan menyusun SOP Pengelolaan Pasar Kabupaten Gianyar.

Menjawab pertanyaan Fraksi Demokrat terkait pemanfaatan dana pinjaman yang dianggarkan dalam APBD, Mahayastra menegaskan penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mahayastra juga mengucapkan terima kasih atas sikap Fraksi Demokrat yang menerima Ranperda APBD 2022 serta empat ranperda lain untuk dilanjutkan pembahasannya sesuai tahapan yang disepakati. Pernyataan serupa dilontarkan untuk Fraksi Indonesia Raya yang bersikap sama dengan Demokrat.

Pada akhir jawabannya, Mahayastra meyakini dengan kerjasama yang baik antara legislatif dengan eksekutif akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gianyar.

“Saya meyakini dengan dilandasi suasana kemitraan yang terjalin dengan baik selama ini, segala permasalahan yang kita hadapi akan dapat kita atasi bersama. Kesemuanya bermuara kepada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Gianyar yang kita cintai dan banggakan,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.