BKKBN Bali Perkuat Pendidikan Kependudukan

  • Whatsapp
PEMBINAAN penerapan pendidikan kependudukan bagi pengelola program pendidikan kependudukan tingkat kabupaten/kota di Kantor Perwakilan BKKBN Bali, Denpasar, Selasa (29/9/2020). Foto: alt
PEMBINAAN penerapan pendidikan kependudukan bagi pengelola program pendidikan kependudukan tingkat kabupaten/kota di Kantor Perwakilan BKKBN Bali, Denpasar, Selasa (29/9/2020). Foto: alt

DENPASAR – Untuk penguatan dan pemahaman dalam pelaksanaan pendidikan kependudukan melalui jalur formal, Perwakilan BKKBN Provinsi Bali mengadakan pembinaan penerapan pendidikan kependudukan bagi pengelola program pendidikan kependudukan tingkat kabupaten/kota. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Perwakilan BKKBN Bali, Denpasar, Selasa (29/9/2020).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Drs. Agus P. Proklamaasi, MM., menyampaikan bahwa hal ini sangat penting dilaksanakan agar pengelola program pendidikan kependudukan di tingkat kabupaten/kota benar-benar memahami dan mampu untuk mengambil keputusan dalam mengatasi masalah kependudukan di Provinsi Bali, serta dapat mengimplementasikan program pendidikan kependudukan pada setiap jalur pendidikan formal.

Bacaan Lainnya

“Jumlah penduduk Indonesia, khususnya Provinsi Bali, diperkirakan akan terus mengalami peningkatan sehingga kita perlu mengatasi dan mengantisipasi permasalahan yang ditimbulkan dari dampak kependudukan.
Berdasarkan hasil data sensus penduduk, penduduk Provinsi Bali pada tahun 2019 telah mencapai 4,2 juta lebih dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Sehingga kita perlu mengantisipasi permasalahan dari dampak kependudukan, salah satunya adalah mengintegrasikan materi kependudukan ke dalam proses belajar mengajar melalui sekolah siaga kependudukan,” ujarnya.

Menurutnya, pendidikan kependudukan itu sendiri merupakan upaya terencana dan sistematis untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan serta keterkaitan timbal balik antara perkembangan kependudukan. Dengan begitu memiliki perilaku yang bertanggungjawab dan ikut peduli dengan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang.

Baca juga :  Semoga Pertanda Baik, Pasien Sembuh Covid-19 di Bali Lebih Banyak dari Tambahan Kasus Positif

“Melalui pembinaan penerapan pendidikan kependudukan ini, kami harap peserta didik melalui institusi pendidikan dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup serta melakukan perencanaan dalam hidupnya, baik perencanaan dalam pendidikan dan cita-cita yang ingin dicapai maupun perencanaan dalam berkeluarga,” pungkasnya. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.