Bandara Ngurah Rai Mulai Cek Suhu Tubuh Penumpang Domestik

  • Whatsapp
PETUGAS saat memeriksa suhu tubuh penumpang pesawat yang tiba di area Terminal Kedatangan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (10/3/2020).

MANGUPURA – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mulai menerapkan pemeriksaan suhu tubuh kepada para penumpang kedatangan domestik yang tiba di bandara tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 atau virus corona.

“Mulai hari ini kami dari Bandara Ngurah Rai Bali resmi menerapkan pemeriksaan cek suhu kepada para penumpang kedatangan domestik saja,” ujar Communication and Legal Section Head Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim, di Badung, Selasa (10/3/2020)

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai langkah preventif untuk memastikan bahwa penumpang yang tiba di wilayah Pulau Bali melalui bandara tidak ada yang terindikasi terkena COVID-19.

Sebelumnya, prosedur pemeriksaan dan pengawasan serupa telah dilakukan di kawasan Terminal Kedatangan Internasional sejak Januari yang lalu. “Ke depannya kami juga akan berupaya untuk mengimplementasikan hal yang serupa di area Terminal Keberangkatan Domestik dan Terminal Kedatangan Internasional. Namun, saat ini kami masih proses pengadaan infrastruktur thermo gun,” kata Arie.

Ia menjelaskan, pemeriksaan suhu tubuh penumpang di Terminal Kedatangan Domestik tersebut dilakukan dengan pertimbangan salah satunya setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya WNI yang dinyatakan positif COVID-19 di wilayah Indonesia sejak beberapa waktu yang lalu.

Baca juga :  Bali United Setuju LIB Gelar RUPS Luar Biasa

“Maka kami dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi penumpang rute domestik sebagai bentuk eskalasi pengawasan,” ucapnya, seperti dilansir dari antaranews.

Dengan adanya penerapan pemeriksaan suhu tubuh bagi penumpang di Terminal Kedatangan Domestik itu, seluruh penumpang yang tiba di Bali akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas gabungan, diantaranya dari Angkasa Pura, TNI AU dan Aviation Security.

Apabila nantinya ditemukan penumpang suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius, maka penumpang yang bersangkutan akan dievakuasi melalui sisi airside bandara dan diangkut dengan ambulans menuju ruang pemeriksaan lanjutan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar yang ada di Terminal Kedatangan Internasional untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (yes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.