Apeksi ‘’Outlook’’ 2021, Sinergi untuk Bangkit dari Keterpurukan Akibat Pandemi

  • Whatsapp
WALI Kota Denpasar, Jaya Negara, bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat hadir dalam acara Apeksi Outlook 2021 di Sanur, Sabtu (18/12/2021). Foto: ist

DENPASAR – Pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Outlook 2021 berlangsung di Kota Denpasar. Denpasar menjadi tuan rumah pelaksanaan Apeksi Outlook yang dihadiri 42 wali kota seluruh Indonesia dipusatkan di Hotel Segara Village, Sanur, Sabtu (18/12/2021).

Wali Kota Bogor, Bima Arya, selaku Ketua Apeksi, menyampaikan pelaksanaan Apeksi Outlook 2021 di Bali sebagai bentuk dukungan bersama untuk masyarakat Bali dalam situasi pandemi saat ini.

Bacaan Lainnya

Melalui Apeksi Outlook ini, Apeksi merefleksi peristiwa dan kebijakan yang terjadi sepanjang 2021 sekaligus mendapatkan gambaran 2022 bagi para kepala daerah.

‘’Dari pandemi Covid-19 kita belajar banyak, dan pelajaran yang berharga bahwa untuk menghadapi krisis diperlukan kebersamaan dan bersinergi dalam menghadapi masa sulit ini sehingga bisa bangkit bersama,’’ ujar Bima Arya seraya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Denpasar yang sudah bekerja keras bergotong-royong mempersiapkan pertemuan ini.

Dalam kegiatan ini, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) dari masing-masing pemerintah kota mengikuti mini expo UMKM, yang terdiri dari 12 stan UMKM. Perajin pameran Apeksi Outlook dari Dekranasda Denpasar diikuti Decoupage Bali, Jegeg Tribusana, Anacaraka, Kwace Bali, dan Ardha Busana.

Semua produk yang dijual dalam pameran ini tidak boleh ditawar oleh para wali kota guna membangkitkan pemulihan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM.

Baca juga :  Warga Ngeyel, Bupati Lobar ke Masjid Sosialisasi Corona

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, menyampaikan terima kasih atas sinergitas dari kepala daerah anggota Apeksi.

‘’Kami mengharapkan sinergitas ini dapat terus berlanjut dalam memajukan masing-masing kota terlebih dalam situasi pandemi saat ini dengan semangat bersama dapat keluar dari keterpurukan pandemi,’’ ujar Jaya Negara.

Dijelaskan pula, Kota Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali sangat terdampak pada masa pandemi, karena perekonomian Denpasar yang mengandalkan pariwisata.

Untuk itu, dalam pertemuan Apeksi ini diharapkan dapat bersinergi bersama mencari solusi dalam usaha peningkatan perekonomian masyarakat dalam masa pandemi.

Sementara itu, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengatakan, saat ini penyebaran Covid hampir di seluruh wilayah di Indonesia sudah mulai melandai. Fokus kepala daerah saat ini bagaimana dalam pengembalian ekonomi yang selama ini terpuruk dalam masa pandemi.

‘’Perlu kita lihat dari sisi pemerintah yang perlu kita bantu adalah kepastian. Hal ini juga sesuai dari slogan ‘UMKM bisa naik kelas’ tentunya harus didukung juga dari lembaga keuangan untuk membantu para UMKM,’’ ujarnya.

Dalam pertemuan ini juga dilaksanakan talkshow dari Ketua Dekranasda Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, terkait tantangan UKM/IKM Denpasar dalam masa pandemi Covid-19.

Acara ini juga menghadirkan pembicara dari pakar ekonomi dan pakar politik Masyita Crystallin dari Staf Khusus Kementerian Keuangan dan Yunarto Wijaya dari Direktur Eksekutif Charta Politika. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.